PosBelitung/

Orari Belitung Field Day 2015

Orari Jaring Aspirasi Masyarakat Melalui Komunikasi

Kemah bakti ini juga diikuti Orari Lokal Beltim, anggota Tagana Belitung dan Beltim, Senkom Polres Belitung, FKPM Belitung, Kodim 0414 Belitung.

Orari Jaring Aspirasi Masyarakat Melalui Komunikasi
google
Ilustrasi foto
CITIZEN REPORTER 
Babinsa Desa Mengkubang
Serda Andre 
 

POSBELITUNG.COM, DAMAR - Organisasi Amatir Radio (Orari) Lokal Belitung menggelar kemah bakti atau Orari Belitung Field Day 2015 di pantai Burung Mandi Desa Mengkubang Kecamatan Damar, Sabtu-Minggu (13/14-6-2015).  Kemah bakti ini juga diikuti Orari Lokal Beltim, anggota Tagana Belitung dan Beltim, Senkom Polres Belitung, FKPM Belitung, Kodim 0414 Belitung.

Kegiatan dimulai sejak Sabtu (13-6-2015). Para peserta yang tiba mengawali kegiatan dengan mendirikan tenda bersama. Mereka memulai dengan bahu membahu atau bergotong royong membersihkan lokasi yang akan digunakan sebagai tempat berdirinya tenda. 

Kekompokan semua organisasi ini semakin terlihat saat tenda mampu didirikan dengan waktu yang relatif singkat. 

Malam harinya kegiatan diisi dengan silaturahmi dan kebersamaan dengan masyarakat setempat. Tidak hanya sekeda rberbincang-bincang, para peserta juga diajak untuk menyerap informasi yang dibutuhkan terkait pembangunan komunikasi di daerah. Acara juga dimeriahkan dengan kegiatan gaple bersama, hiburan musik masyarakat dan komunikasi frekuensi radio ke luar daerah bahkan menembus ke frekuensi luar negeri.

Komunikasi radio dipimpin langsung Irfan (YE4IJ) dari Orari Lokal Belitung. Komunikasi radio, di 21 MHz dengan mode phone dan digital mode (Phase Shift Keying/ PSK Mode) dengan antena single element alumunium tubing tinggi 6 meter. Ada juga yang check in di 7 MHz ke Nusantara Net, Papua Net, Kalimantan Net yaitu Mardi (YG4ICC) dan Ari (YG4IFT) bersama rekan-rekan lainnya.

Pagi Minggu (14/6/2015), seluruh peserta bekerja sama untuk membersihkaan kawasan pantai dari sampah-sampah dan rumput yang terlihat sudah meninggi. Ada juga Lomba Mini Fox Hunting atau menemukan pemancar radiao berdasarkan frekuensi yang disembunyikan oleh panitia.

"Kami berharap semua kegiatan ini bisa memberikan banyak manfaat, bagi anggota, pengurus dan semua organisasi dan masyarakat sekitar terutama dalam hal komunikasi," kata Ketua Orari Belitung Embot Carang Sembodo dalam sambutannya.

Editor: edy yusmanto
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help