Ritual Selamat Laut, Masyarakat Pantang Aktivitas di Laut Selama 3 Hari

Desa Suak Gual, Kecamatan Selat Nasik, Kabupaten Belitung menggelar ritual Selamat Laut, Minggu (13/12).

Ritual Selamat Laut, Masyarakat Pantang Aktivitas di Laut Selama 3 Hari
IST
Kegiatan tradisi asli Belitung selamat laut di Desa Suak Gual, Selat Nasik, Belitung. 

SELAT NASIK, POS BELITUNG - Desa Suak Gual, Kecamatan Selat Nasik, Kabupaten Belitung menggelar ritual Selamat Laut, Minggu (13/12).

Acara yang dilaksanakan di Tanah Tambun Pangkal Pelabuhan Gual itu dihadiri Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) dan Wakil Bupati Belitung Erwandi A Rani.

Sebelum puncak acara Selamat Laut, mulai 9 Desember lalu, digelar beragam lomba yang hampir semuanya terkait lau, di antaranya lomba dayung, tarik tambang di laut, gebuk bantal, serta lomba mancing kerisi.

Selain itu ada pula pentas seni serta musik dangdut gembira ria era 80 an. Minggu (13/12) adalah acara puncak yang diawali ritual doa pukul 10.00 WIB.

Kades Suak Gual Yusuf mengatakan, pada tahun-tahun sebelumnya, ritual dimulai setelah zuhur, namun tahun ini sebelum zuhur.

"Selamat laut ini adalah tanda syukur atas hasil laut yang didapat selama satu tahun ini," kata Yusuf didampingi seorang panitia bernama, Wawan Al Basrah (Sepoy) kepada Pos Belitung, Senin (13/12).

Usai ritual dilakukan, seluruh tamu dan masyarakat, makan bersama. Menu yang dihidangkan adalah ikan panggang dalam jumlah banyak.

Panitia menyiapkan sebanyak 50 kilogram ikan untuk dibakar.

Semua yang hadir dipersilakan mengambil ikan yang dipanggang panitia, langsung dari tempat pemanggangannya.

Tersedia pula makanan tradisional aruk menggale. Sambil makan, masyarakat dihibur musik keroncong Stambul Fajar Pengekar Campo Gual.

Sepoy menambahkan setelah digelarnya ritual selamat laut ini, nelayan dilarang ke laut selama tiga hari terhitung dari hari Minggu tersebut hari Rabu nanti barulah mereka diperbolehkan kembali melaut

"Ibaratnye tige hari lautnye dipuasekan," kata Sepoy.

Sepoy mengatakan, acara selamat laut rutin tiap tahun digelar di Suak Gual di bulan Desember. Namun tanggal pastinya tergantung pada pergantian musim. (vid)

Penulis: Novita
Editor: aladhi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved