PosBelitung/

780 Ribu Orang Terdaftar Sebagai Peserta BPJS Kesehatan di Bangka Belitung

Sementara total perusahaan yang telah mendaftar sebanyak 383 ribuan perusahaan, baik BUMN maupun badan usaha.

780 Ribu Orang Terdaftar Sebagai Peserta BPJS Kesehatan di Bangka Belitung
IST
PESERTA BPJS Kesehatan Divisi Regional III 2015 melakukan gathering bersama peserta badan usaha di kawasan wisata Pantai Tanjungpendam. 

Laporan Wartawan Pos Belitung Novita

POSBELITUNG.COM, BELITUNG - Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang telah terdaftar pada Divisi Regional (Divre) III, yakni Provinsi Sumatra Selatan, Provinsi Bengkulu dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berjumlah sekitar 5,7 juta orang.

Jumlah tersebut terbagi atas Sumsel 3,9 juta orang, Bengkulu 1,1 juta orang, dan Provinsi Babel sebanyak 780 ribu orang.

Sementara total perusahaan yang telah mendaftar sebanyak 383 ribuan perusahaan, baik BUMN maupun badan usaha.

Kepala BPJS Kesehatan Divisi Regional III, dr Fahrurrazi menyampaikan hal itu saat membuka Rekonsiliasi Data Badan Usaha dan Friendly Gathering BPJS Kesehatan Divisi Regional III Tahun 2015, di Grand Hatika Hotel, pada Kamis (17/12/2015) malam.

Saat ini, kata Fahrurrazi, pihaknya telah bekerja sama antara lain dengan kurang lebih 1.225 provider, 158 atau fasilitas kesehatan tingkat lanjutan, 300.067 fasilitas kesehatan tingkat pertama, dan sebagainya.

Dia juga menyampaikan bahwa total pendapatan premi untuk pekerja penerima upah dari perusahan di Divisi Regional III sekitar Rp 264 miliar atau 87 persen.

"Angka tersebut tidak bisa dibilang besar. Tergantung. Waktu saya di kantor pusat, ini habis hanya untuk dua bulan klaim RSCM. RSCM sekitar Rp 100 miliar per bulan kurang lebih," katanya.

Fahrurrazi mengatakan, jika melihat perolehan premi sebesar Rp 264 miliar tersebut dibandingkan biaya pelayanan kesehatan yang rata rata sekitar Rp 1,8 triliun, maka antara dana masuk dan keluar tidak seimbang.

"Tetapi itulah yang namanya gotong royong. Jadi semuanya dibiayai dengan sistem gotong royong," ujanrya.

Pada kesempatan tersebut, BPJS Kesehatan Divisi Regional III juga menyerahkan penghargaan kepada BUMN dan Badan Usaha peserta BPJS Kesehatan terbaik. Penyerahan penghargaan dilakukan Kepala BPJS Kesehatan Divisi Regional III, dr Fahrurrazi.

Fahrurrazi mengemukakan, apresiasi BPJS Kesehatan diberikan kepada badan usaha yang memenuhi beberapa kriteria, di iantaranya, telah meregistrasi badan usahanya TMT 1 Januari sampai 1 Desember 2015, patuh mendaftarkan seluruh karyawannya, serta membayar iuran setiap bulannya tidak melebihi tanggal 10, serta beberapa kriteria lainnya. (vid)

Selengkapnya baca edisi cetak POS BELITUNG Senin (21/12/2015). 

Editor: edy yusmanto
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help