Menelusuri Titik GMT Gunong Tebalu

Jejak Rusa di Ketinggian 165 Meter

Bukit setinggi 165 meter ini menyimpan sejumlah potensi unik salah satunya yakni jejak keberadaan hewan langka rusa Belitong.

Jejak Rusa di Ketinggian 165 Meter
Pos Belitung/Wahyu Kurniawan
Ketua Kelompok Wisata Gunong Tebalu Maulid sedang memperhatikan bekas tanduk rusa pada sebuah pohon di puncak bukit Gunong Tebalu, Dusun Bebute, Desa Terong, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Senin (4/1/2015) sore. 

Laporan Wartawan Pos Belitung Wahyu Kurniawan

POSBELITUNG.COM, BELITUNG - Gunong Tebalu di Dusun Bebute Desa Terong Kecamatan Sijuk merupakan satu dari sekian banyak titik pemantauan gerhana matahari total (GMT) di Kabupaten Belitung, 9 Maret 2016 mendatang.

Bukit setinggi 165 meter ini menyimpan sejumlah potensi unik satu diantaranya yakni jejak keberadaan hewan langka rusa Belitong.

Jejak itu tampak sekitar 20 meter sebelum sampai ke puncak bukit. Ketua Kelompok Wisata Gunong Tebalu Maulid menunjuk jejak itu pada sebatang pohon berdiameter enam sentimeter yang kulitnya mengelupas.

Menurutnya, bekas luka pada kulit pohon bukannya karena serangan penyakit atau gangguan hewan pengerat.

“Ini bekas tanduk rusa, bekas ini muncul saat rusa mengasah tanduknya pada batang pohon, bekas sayatan di kulit pohon ini tingginya sekitar 80 sentimeter, artinya mungkin rusanya masih muda,” kata Maulid kepada
posbelitung.com, Senin (4/1/2015) sore.

Setibanya di puncak bukit, jejak rusa kembali ditemukan. Kali ini jejak rusa berada pada sebatang pohon yang lebih besar dari sebelumnya dengan diameter sekitar 15 sentimeter.

Bekas sayatan pada pohon itu pun lebih tinggi yakni sejajar dada orang dewasa. Melihat tinggi sayatan tersebut Maulid yakin bahwa itu adalah bekas rusa paling besar di kawasan Gunong Tebalu.

Sekitar setahun lalu ia pernah melihat rusa tersebut dengan mata dan kepalanya sendiri.

“Saya dulu sampai tak bisa bergerak, matanya saja sudah setinggi dada kita, cuma waktu itu malam hari jadi saya tidak bisa berbuat banyak,” kata Maulid.

Halaman
123
Penulis: Wahyu Kurniawan
Editor: edy yusmanto
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved