Masyarakat Dayak Tontonkan Mandi Duri dalam Wisata Budaya

Gelar wisata budaya Dayak Meratus Balangan yang dilaksanakan di Desa Wadian Tambai Kecamatan Halong, Balangan, Minggu (24/1/2016), berlangsung meriah.

Masyarakat Dayak Tontonkan Mandi Duri dalam Wisata Budaya
banjarmasinpost.co.id/elhami
TARI Dayak merupakan salah satu persembahan pada gelar wisata budaya Dayak Meratus Balangan 

POSBELITUNG.COM, PARINGIN - Gelar wisata budaya Dayak Meratus Balangan yang dilaksanakan di Desa Wadian Tambai Kecamatan Halong, Balangan, Minggu (24/1/2016), berlangsung cukup meriah.

Nampak beberapa Dewan Adat Daerah (DAD) dari berbagai daerah Kalsel turut meramaikannya dengan berbagai pertunjukan.

Ketua DAD Kabupaten Tanah Laut, Abdul Kadir mengungkapkan, ia bersama DAD lainnya sangat mengapresiasi dan mendukung gelaran yang mengangkat seni budaya dayak Kalsel seperti ini.

"Kita sesama DAD akan saling mendukung apabila ada yang menggelar kegiatan budaya. Ini juga menjadi inspirasi bagi kami tentunya untuk menggelar acara serupa di daerah kami, mudahan dalam waktu dekat bisa terlaksana," harapnya.

Dalam gelar budaya Dayak Meratus Balangan yang dihadiri langsung oleh Dandim 1001 Amuntai-Paringin dan Kapolres Balangan tersebut, digelar berbagai pertunjukan yang mengangkat seni dan budaya dayak.

Diantaranya tarian, mandi duri, menyumpit, mutu kakuyaan, kenje, manutuk, atraksi panjat manau, bagasing, batiwah dan pameran buah serta kerajinan tangan warga dayak setempat.

"Ini merupakan salah satu upaya kami dalam turut serta memperkenalkan kearifan lokal masyarakat adat dayak Balangan kepada publik, dengan harapan semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke sini," imbuh Ketua DAD Balangan, Mandan.

Selain atraksi kebudayaan dayak, berdasarkan rundown acara juga diisi dengan diskusi tentang pelestarian budaya dayak di Kalsel secara menyeluruh.

Upaya masyarakat suku dayak Meratus Balangan untuk mempromosikan budayanya ini, mendapat apresiasi khusus dari Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporparbud) Provinsi Kalsel.

Editor: aladhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved