PosBelitung/

BANJIR BANGKA

Parah! Banjir Setinggi 1 Meter Buat Jebus Terisolir

Sejumlah pemuda warga desa jebus turut membantu masyarakat yang hendak melalui jalan ini. Anggota polisi terlihat juga sedang menyiapkan perahu

Parah! Banjir Setinggi 1 Meter Buat Jebus Terisolir
facebook
Akses jalan menuju Jebus Kabupaten Bangka Barat di sekitar Jerambah Kebur Pasir Mungai Desa Jebus, Selasa (9/2/2016) siang, 

CITIZEN REPORTER

Guru di Bangka Barat Agus Herdian 

POSBELITUNG.COM, BANGKA BARAT -  Akses jalan menuju Jebus di sekitar Jerambah Kebur Pasir Mungai Desa Jebus, Selasa (9/2/2016) siang, masih digenangi air sekitar 130 cm.

Warga yang hendak melewati kawasan ini menggunakan sepeda motor tertahan di jembatan menunggu angkutan berupa 'pongpong' yang terbuat dari drum kosong yang dipasangi papan.

Tampak sejumlah pemuda warga desa jebus yang turut membantu masyarakat yang hendak melalui jalan ini. Anggota polisi terlihat juga sedang menyiapkan perahu karet.

Ambulan puskesmas Puput, Sekarbiru dan Jebus yang hendak merujuk pasien ke RSUD Muntok juga tertahan di batas air tergenang, karena tak bisa melewati tingginya air yang melintasi jalan tersebut.

Sumono, kepala Puskesmas Puput, mengatakan, cukup kesulitan jika tidak ada bantuan untuk membawa pasien.

"Beruntung ada mobill dinas kesehatan yang menjemput pasien hingga dapat melewati aliran air. Lalu di seberang, ada ambulan lain yang akan membawa pasien ke RSUD," kata Sumono.

Terlihat mobill Toyota Hilux Double Cabin dinas kesehatan Pemda Bangka Barat, beserta pegawai Dinas Kesehatan yang membantu membawa pasien.

Sementara itu warga Jebus, Yiyi, menuturkan, ketinggian air masih sulit dilewati oleh kendaraan yang posisi mesinnya rendah.

"Tadi sudah ada truk yang dapat melewati jalan ini. Tapi kendaraan lain belum bisa," kata Yiyi.

Yiyi menambahkan, pada dinihari hingga pagi, air yang melintasi jalan debitnya berkurang sehingga bisa dilalui kendaraan.

"Banjir ini tergantung pasang surut air. Pagi tadi waktu air pasang, hujan lebat kembali mengguyur sehingga debit air kembali meninggi," kata Yiyi.

Sementara itu puluan rumah yang berada di sekitar Masjid Baiturrohmah Desa Jebus masih digenangi air. Meskipun tidak setinggi banjir pada hari Senin (8/2/2016) kemarin, yang mencapai dua metern banjir kali ini masi mengganggu aktivitas warga.

Warga Desa Jebus yang menjadi korban banjir, masih mengungsi di Masjid Baiturrohma dan ruma warga sekitar. (Agus Herdian)

Editor: edy yusmanto
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help