Lipsus Cagar Budaya

Cagar Budaya Pulau Belitung Belum Terkelola Baik

Adanya sampa itu, bekas benteng peninggalan Belanda tersebut menjadi tempat nongkrong remaja yang diduga mabuk-mabukan.

Cagar Budaya Pulau Belitung Belum Terkelola Baik
Pos Belitung/Wahyu Kurniawan
Seorang warga sedang melintas di depan cagar budaya Kian Sien eks SMK Yaperbel 1 Jalan Dewi Sartika Tanjungpandan, Selasa (29/3/2016) sore. 

POSBELITUNG.COM, BELITUNG - Sampah bekas bungkus obat batuk cair sachet berserakan di halaman gedung eks Hotel Dian, bukit Tanjong Gunong, Kelurahan Kota, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung Selasa (29/3/2016) sore.

Adanya sampa itu, bekas benteng peninggalan Belanda tersebut menjadi tempat nongkrong remaja yang diduga mabuk-mabukan.

Lokasi yang juga dinamai Benteng Kuehn ini adalah satu dari sekian cagar budaya Belitung yang kurang dikelola secara baik. Sepi dan penuh semak belukar menjadikan benteng militer buatan Belanda pada 1824 silam ini rentan menjadi lokasi yang digunakan remaja berbuat negatif.

BACA: Pertengahan April Diprediksi Ada Hujan Meteor

"Kalau anak anak mabuk (konsumsi obat batuk sachet) bisa di mana saja. Apalagi ada bangunan tidak digunakan ya memang seperti itu. Jadi memang harus segeralah aset aset yang tidak digunakan itu untuk kita aktifkan kembali sehingga tidak ada lagi kesempatan untuk berbuat seperti itu lagi," kata Kabag Umum Setda Kabupaten Belitung Munawir kepada posbelitung.com, Rabu (30/3/2016).

Benteng Kuehn eks Hotel Dian merupakan aset pemda yang dikelola oleh Bagian Umum Setda Kabupaten Belitung. Menurut Munawir, belum adanya konsep pengembangan cagar budaya membuat aset tersebut sulit dikembangkan secara ekonomis.

Kondisi cagar budaya yang tak kalah memprihatinkan juga tampak pada gedung eks sekolah Kian Sien di Jalan Dewi Sartika, kawasan Pelabuhan Tanjungpandan.

Sekolah berlatar Budaya Cina yang berdiri 1 Mei 1937 itu tampak kumuh. Halamannya dipenuhi rumput liar dan bagian atapnya rusak berat.

Dua gudang kuno eks Borneo Mij dan Handel Mij di belakang sekolah Kian Sien juga kurang terawat. Gedung itu sudah beralih fungsi menjadi sarang walet sejak pertama kali masuk dalam daftar inventarisir cagar budaya Belitung pada 2008 lalu.

BACA: Perhatikan Foto Selfie Ini, Bikin Merinding

Halaman
1234
Editor: edy yusmanto
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved