Puasa Ramadan 2016

TIPS Memilih Kelapa Muda yang Segar

Ketika kelapa diguncangkan dan terdengar suara kocokan air, itu juga menandakan bahwa kelapa masih muda.

TIPS Memilih Kelapa Muda yang Segar
Tribun Jambi/ Teguh Suprayitno
Puding kelapa muda sajian Duck Tale Resto, Jambi. 

POSBELITUNG.COM - Setelah seharian menahan haus, pasti akan lebih enak jika berbuka dengan kelapa muda. Entah dibuat menjadi es kelapa muda atau sebagai campuran dalam es campur.

Namun, ada beberapa ciri kelapa muda yang harus Anda perhatikan. Agar lebih jelas, simak ulasannya berikut ini.

Di pasaran ada dua jenis kelapa yang dapat kita temui, yakni kelapa tua dan kelapa muda.

Kelapa tua biasanya berwarna cokelat, bahkan lebih dominan dengan warna cokelat tersebut. Kelapa tua dengan tekstur daging yang keras biasanya dijadikan bahan utama untuk membuat santan.

Sedangkan, kelapa muda atau yang dikenal juga dengan degan memiliki warna hijau dengan beberapa serat kulit berwarna cokelat.

Serat kulit berwarna cokelat menandakan bahwa kelapa muda sudah mengalami pematangan yang cukup di atas pohon. Kelapa muda cenderung memiliki ukuran yang lebih besar, dibandingkan kelapa tua.

Air dan daging kelapa muda pun lebih banyak, dibanding kelapa tua atau kelapa yang terlalu muda. Untuk mengetahui kelapa muda mengandung banyak air dan daging cukup mudah.

Cukup ketuk-ketuk kelapa, jika terdapat getaran itu menadakan bahwa kelapa mengandung daging yang masih tipis, serta mudah untuk dikeruk.

Jika tidak terlalu terasa getaran saat Anda mengetuk kelapa, berarti kelapa tersebut sudah memiliki daging yang agak tebal dan keras. Berarti kelapa tersebut sudah hampir tua dan cukup sulit untuk mengeruk daging kelapa dengan sendok.

Selain itu, Anda juga bisa mengetahui kelapa tersebut masih muda dari lingkaran di ujung batok kelapa. Jika lingkaran memiliki diameter tidak terlalu lebar, berarti kelapa tersebut masih muda.

Ketika kelapa diguncangkan dan terdengar suara kocokan air, itu juga menandakan bahwa kelapa masih muda.

Ya, itulah ciri kelapa muda yang bisa Anda ketahui dengan cara mengocok, mengetuk, melihat warna kulit, dan melihat lingkaran di ujung batok. (SCI/ dari berbagai sumber)

Editor: edy yusmanto
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved