PosBelitung/

Ternyata Masih Jutaan Anak Indonesia yang Tidak Bersekolah

TNP2K mendata, masih ada sebanyak 4,1 juta anak usia sekolah di Indonesia, namun tidak mengenyam bangku sekolah.

Ternyata Masih Jutaan Anak Indonesia yang Tidak Bersekolah
Rangga Baskoro
Ilustrasi siswa belajar di sekolah. 

POSBELITUNG.COM, JAKARTA - Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) mendata, masih ada sebanyak 4,1 juta anak usia sekolah di Indonesia, namun tidak mengenyam bangku sekolah.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas telah mengirimkan data sebanyak 2,9 juta di antara anak tidak sekolah itu ke seluruh dinas pendidikan kabupaten/kota.

Pemerintah ingin supaya mereka juga mendapatkan Kartu Indonesia Pintar (KIP).

"Dengan data yang dikirimkan itu, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota diharapkan memverifikasi data itu," ujar Dirjen PAUD dan Binmas Kemendikbud Harris Iskandar melalui siaran pers, Kamis (20/10/2016).

Jika sudah diverifikasi, dinas pendidikan kabupaten/kota tinggal menggaet satuan pendidikan atau pegiat pendidikan untuk memotivasi mereka agar kembali sekolah.

Harris memastikan, jika sudah diverifikasi dan masuk ke sekolah, anak-anak tersebut mendapatkan bantuan operasional pendidikan melalui Kartu Indonesia Pintar.

"Atau paling tidak, si anak tidak sekolah mengikuti program kesetaraan, serta mengikuti kursus dan pelatihan keterampilan tertentu," ujar Harris.

"Maka itu, untuk membantu mempercepat KIP hingga ke rumah tangga sasaran, kami mohon dinas pendidikan di kabupaten/kota bekerja sama dengan pihak-pihak untuk proaktif atau jemput bola," lanjut dia.

Harris memastikan, Kemendikbud akan mendorong terus agar 1,9 juta anak sekolah sisanya diverifikasi dan dapat masuk ke dalam data penerima bantuan operasional sekolah. (*)

Kompas.com/Fabian Januarius Kuwado

Editor: Jariyanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help