PosBelitung/

Serombongan Wisatawan Asal Tiongkok Eksplore Pulau Buku Limau

Sebelumnya, rombongan ini disambut oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Belitung Timur Helly Tjandra di Pelabuhan ASDP Manggar sesaat...

Serombongan Wisatawan Asal Tiongkok Eksplore Pulau Buku Limau
IST
Rombongan wisatawan asal Tiongkok di Pelabuhan ASDP Manggar, sesaat sebelum menuju Pulau Buku Limau, Selasa (31/1/2017). 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Dedy Qurniawan

POSBELITUNG.COM, BELITUNG TIMUR - Serombongan wisatawan asal Tiongkok menyambangi Pulau Buku Limau, Kecamatan Manggar, Belitung Timur, Selasa (31/1/2017).

Rombongan itu terdiri dari komunitas photographer (China Photographers Association) yang dibawa oleh Lotus Tour.

Menyewa satu boat milik nelayan, rombongan wisatawan berangkat pagi-pagi sekali menuju ke perairan pulau buku limau dan sekitarnya.

‘’Saya akan tawarkan kepada mereka untuk melakukan snorkeling dan hunting foto kemudian menikmati kelezatan kuliner sekaligus juga melihat langsung kehidupan masyarakat di Desa Buku Limau. Semoga mereka berkesan dan puas, harapan saya nantinya mereka akan mempromosikan apa saja yang mereka dapat ketika mereka pulang ke tiongkok," kata Agnes seperti dikutip dalam rilis Disbudpar Beltim yang diterima Pos Belitung, Selasa (31/1/2017).

Sebelumnya, rombongan ini disambut oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Belitung Timur Helly Tjandra di Pelabuhan ASDP Manggar sesaat sebelum berlayar menuju Pulau Buku Limau.

‘’kami ucapkan selamat datang di Kabupaten Belitung Timur kepada seluruh wisatawan. Silakan eksplore keindahan perairan, kuliner dan kehidupan sehari-hari masyarakat kami di Desa Buku Limau. Ambil foto sebanyak-banyaknya nanti kabarkan hasilnya kepada teman-teman dan keluarga anda, jika anda sudah kembali ke Tiongkok," ujar Helly seperti dikutip dari rilis yang sama.

Kepada rombongan, Helly menyampaikan bahwa perairan Pulau Buku Limau dan sekitarnya menyimpan keindahan underwater yang sangat luar biasa.

Di sana, ujar Hellty, terdapat terumbu karang yang masih terjaga keberadaannya.

Berbagai jenis ikan dan biota lainnya juga hidup di san hidup.

"Hal tersebut terbukti dengan foto-foto hasil jepretan Tim Scuba Diver Indonesia tahun lalu. Bahkan menurut mereka spot diving di mana mereka mengambil foto-foto tersebut berada di bawah Jetty atau pelabuhan nelayan di perairan sekitar Pulau Buku Limau," ujarnya

Rilis tersebut menyatakan, kunjungan wisatawan dengan tujuan untuk mengeksplore perairan Pulau Buku Limau dan sekitarnya merupakan sinyal positif bagi Belitung Timur untuk terus mempromosikan serta membenahi segala sesuatu berkaitan dengan sarana pendukung wisata bahari seperti kelengkapan alat snorkeling, diving, homestay dan sarana transportasinya serta kesadaran masyarakat akan pariwisata perlu ditingkatkan.

Disebut pula, pekerjaan ini tidak bisa dibebankan pada satu dinas atau instansi.

Dinilai harus ada sinergitas antara SKPD terkait dan masyarakat.

Pariwisata disebut mempunyai dampak multiflier effect pada kehidupan masyarakat khususnya pada peningkatan perekonomian masyarakat di Belitung Timur. (*/M3)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: aladhi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help