PosBelitung/

Belitung Harusnya Sudah Jadi Wisata Berkelas Dunia, Namun Belum Dikembangkan Maksimal

Tak hanya itu ia memprediksikan Belitung akan menjadi wisata berkelas dunia. Potensi yang dimiliki Belitung ini, menurutnya harus bisa dikembangkan...

Belitung Harusnya Sudah Jadi Wisata Berkelas Dunia, Namun Belum Dikembangkan Maksimal
Pos Belitung/Krisyanidayati
Ketua Umum Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI), Jauhari Somad. Pos Belitung/Krisyanidayati 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Krisyanidayati

POSBELITUNG.COM, BELITUNG - Belitung memang kerap menghipnotis para wisatawan dengan keindahan wisata alam, budaya, dan kulinernya. Sayangnya, potensi ini belum dikembangkan secara maksimal.

Hal itu disampaikan ketua Umum, Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI), Jauhari Somad kepada Pos Belitung beberapa waktu lalu.

"Saya dari 2008 diundang pemerintah Kabupaten Belitung, untuk melihat kemungkinan pengembangan pariwisatanya. Sekarang ini sudah berkembang dan kemajuannya sudah terlihat tapi belum maksimal," kata Jauhari.

Menurutnya Belitung sudah semakin dilirik wisatawan mancanegara, ia menilai Belitung berpotensi menjadi destinasi kedua setelah Bali.

"Lima tahun ke depan Belitung harus dan bisa jadi nomor dua setelah bali. Belitung punya semuanya, pesisir pantai yang bagus dan panjang, makanan khas dan tempat yang masih asri," ujarnya.

Tak hanya itu ia memprediksikan Belitung akan menjadi wisata berkelas dunia. Potensi yang dimiliki Belitung ini, menurutnya harus bisa dikembangkan serius tanpa melupakan kearifan lokal.

"Babel harus tersebar ke seluruh dunia, dan Babel jika terus dikembangkan bisa jadi wisata berkelas dunia. Saya punya banyak teman orang asing dan mereka tidak pernah kecewa datang kesini. Meski sudah keliling ke berbagai negara, Belitung tetap jadi favorit saya," akunya.

Ia menyayangkan dengan potensi pulau yang dimiliki, Belitung masih minim resort. Padahal menurutnya resort di laut merupakan daya tarik wisatawan.

"Saya dengar sudah ada investor yang mau, tapi masih terkendala izin. Kalau pemerintah memberikan izin membangun resort sesuai Amdal. Di pulau-pulau itu dibuat resort di seperti Maldive atau Hawai. Ini potensi yang sangat bagus, karena kan orang yang menyewa resort bisa melakukan water sport. Ini potensi yang bagus tapi belum dimiliki Babel," ujarnya.

Ia juga berharap, pemerintah, masyarakat, pelaku wisata dan stake holder harus lebih terpacu lagi mengembangkan pariwisata Belitung.

"Ini kan tinggal keinginan daripada pelaku pariwisata dan pemerintah daerah, harusnya bisa lebih terpacu. Mungkin pemda perlu ada kebersmaan dengan masyarakat, investor, pelaku wisata. Belitung ini luar biasa, dari jarak tempuh yang sedikit, harga tiket gak tidak terlalu mahal. Kemudian jalan" yang masih enak untuk wisata gak terlalu kumuh," katanya.

Ia optimis Belitung akan menjadi wisata yang berkelas dunia. Namun, tentunya hal itu harus dipersiapkan dengan matang dari berbagai aspek.

"Saya yakin belitung akan segera menjadi wisata berkelas dunia, dengan bandara yang sudah berstatus internasional, penerimaan warga yang bagus, pengembangan hotel, tapi yang perlu dilirik juga adalah kesediaan guest house karena ini juga ada peminatnya, gak harus selalu berbintang, yang penting bersih," katanya.

Penulis: krisyanidayati
Editor: aladhi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help