Lipsus Hotel

Penyebaran Hotel Fokus di Belitung, Kue Wisata Pulau Belitung Tak Merata

Geliat sektor perhotelan di Pulau Belitung penyebarannya tidak merata antara Kabupaten Belitung dan Belitung Timur (Beltim).

Penyebaran Hotel Fokus di Belitung, Kue Wisata Pulau Belitung Tak Merata
Pantai Punai 2 

POSBELITUNG.COM, BELITUNG - Geliat sektor perhotelan di Pulau Belitung penyebarannya tidak merata antara Kabupaten Belitung dan Belitung Timur (Beltim).

Wisatawan yang datang ke Pulau Belitung kebanyakan memilih menginap di hotel-hotel yang ada di Kabupaten Belitung, dibandingkan di Beltim.

Wisatawan rebutan kamar hotel di Tanjungpandan, sementara Hotel di Beltim harus berjuang mencari tamu.

"Pariwisata Belitung belum merata. Kami kebetulan dari pengelola hotel, memang merasakan minimnya tamu. Di Tanjungpandan malah rebutan kamar, kami malah mencari-cari tamu. Ini kami rasakan karena efek ketidakseimbangan berbagai hal antara Belitung Barat dan Belitung Timur," kata Direktur Hotel Simpang Empat Manggar, Krisnoval kepada Pos Belitung, Sabtu (18/2).

Menurut laki-laki yang akrab disapa Noval ini, tak meratanya geliat sektor ini antara dua kabupaten disebabkan sejumlah faktor.

Diantaranya karena Beltim memang sedang berusaha merintis pembangunan pariwisatanya dibandingkan Kabupaten Belitung yang dinilai telah lebih dulu.

Faktor lainnya adalah karena keunggulan destinasi wisata bahari Kabupaten Belitung yang belum bisa disaingi oleh Beltim hingga akses ke bandara.

Noval menilai segmen pariwisata Belitong saat ini adalah wisata bahari. Hal ini dapat dilihat dari komentar wisatawan seperti "pantainya bagus", "mau mandi di air laut," dan sebagainya. Kebetulan potensi tersebut menurut Noval lebih dulu sekaligus lebih diungguli oleh Kabupaten Belitung.

Kata Noval, saat ini Beltim hanya menjadi bagian dari rangkaian kunjungan wisatawan ke Pulau Belitung setelah Kabupaten Belitung.

Sayangnya kunjungan tersebut hanya berupa foto-foto ataupun sekadar makan siang dan minum kopi. Aktivitas-aktivitas berpelesir tersebut dinilai tidak cukup menjadi alasan wisatawan untuk menginap di Beltim.

Halaman
12
Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: aladhi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help