PosBelitung/

Buang Jong dan Suku Sawang Sudah Terkenal di Australia dan Asia

Tradisi Buang Jong adalah kearifan budaya lokal yang harus terus dilestarikan agar generasi penerus, khsususnya dari Suku Sawang

Buang Jong dan Suku Sawang Sudah Terkenal di Australia dan Asia
Posbelitung.com/Dedy Qurniawan
Bagian ritual Buang Jong Suku Sawang yang digelar di perkampungan Suku Sawang, Desa Selinsing, Kecamatan Gantung, Belitung Timur, Sabtu (25/2/2017) malam. 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Dedy Qurniawan

POSBELITUNG.COM, BELITUNGTIMUR- Wakil Bupati Beltim Burhanudin (Aan) hadir mewakili Bupati Beltim Yuslih Ihza pada malam ritual tradisi adat budaya Suku Sawang, di perkampungan Suku Sawang, Desa Selinsing, Kecamatan Gantung, Belitung Timur, Sabtu (25/2/2017) malam.

Dalam sambutannya, Aan mengatakan, Buang Jong adalah ritual adat tradisi yang sudah turun temurun dilaksanakan oleh Suku Sawang, Desa Selinsing, Kecamatan Gantung, Beltim.

Tradisi adat budaya itu adalah kearifan lokal guna menghormati leluhur dan keluarga yang telah mendahului, dan memohon keselamatan dan kesejahteraan saat melaut.

Beberapa bagian ritual tradisi ini adalah Bediker, Naik Jitun, Mancing, Numbak, Campak Laut, hingga Buang Jong ke laut Pantai Mudong.

"Tradisi Buang Jong adalah kearifan budaya lokal yang harus terus dilestarikan agar generasi penerus, khsususnya dari Suku Sawang dapat mengetahui, menjaga, dan merwariskannya hingga ke anak cucu," ujar Aan.

Aan mengatakan, tradisi Buang Jong juga dapat dijadikan momen Suku Sawang untuk selalu solid, bersemangat gotong royong, kebersamaan dan kekeluargaan.

"Kita patut berbangga, ritual Buang Jong telah mendapat sertifikat WBTB dari Kemendikbu RI 2016," kata dia.

Kelestarian Buang Jong, kata Aan, harus menjadi tanggung jawab bersama.

Pemkab Beltim sangat mendukung pelestarian tradisi budaya kearifan lokal ini melalui Disbudpar Beltim.

Halaman
12
Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: rusmiadi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help