PosBelitung/

Ini Penjelasan DSPMD Beltim Soal Ketidakpuasan Bakal Calon Kades Mentawak

Dia meniliai panitia pemilihan sudah bekerja dengan baik pada proses penjaringan bakal calon kades untuk mendapatkan lima calon kades.

Ini Penjelasan DSPMD Beltim Soal Ketidakpuasan Bakal Calon Kades Mentawak
net
Ilustrasi Pilkades 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Dedy Qurniawan

POSBELITUNG.COM, BELITUNG TIMUR - Kepala Bidang Penataan, Kerja Sama, dan Administrasi Desa Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Belitung Timur, Ida Lismawati menjelaskan duduk perkara keberatan bakal calon kades di Desa Mentawak.

Menurut dia, keberatan bukan hanya dirasakan oleh bakal calon kades bernama Akhlan Yuda melainkan juga bakal calon lalon lainnya.

Dia meniliai panitia pemilihan sudah bekerja dengan baik pada proses penjaringan bakal calon kades untuk mendapatkan lima calon kades.

"Penjaringan itu (berdasarkan) tahap pertama, pengalaman di bidang pemerintahan, kedua, itu yang diambil berdasarkan pendidikan tertinggi hingga terendah," beber Ida kepada Pos Belitung, Selasa (28/2/2017).

Ia menjelaskan, para bakal calon kades Mentawak ruang waktu menyelesaikan proses administrasi bakal calon pada rentang 1-13 Februari.

Seleksi administrasi itu dinilai sudah dipatuhi.

"Jadi tidak boleh ada yang masuk berkas (diluar waktu itu. Kemudian pada tanggal 9 Februari itu diseleksi lagi artinya empat (yang bakal) tidak masuk, dan seleksi berdasar pengalaman di bidang pemerintahan," ujarnya.

Saat penjaringan ini, dua orang bakal calon kades Mentawak yang kemudian tersisih protes karena merasa pernah menjadi ketua RT di lingkungannya.

Menurut Ida, Ketua RT tidak bisa diartikan sebagai bidang pemerintah.

Pihaknya juga sudah menjelaskan pasal per pasal ketentuan perundang-undangan terkait.

"Dalam PP 43 Pasal 105 itu dijelaskan bahwa lembaga kemasyarakatan adalah ketua RT, RW, PKK dan Karang Taruna. Berarti mereka (Ketua RT) adalah lembaga kemasyarakatan,"papar Ida.

Dia membenarkan bahwa persoalan ini menjadi bahasan pihak-pihak terkait di Kantor Bupati Beltim, Selasa (28/2/2017).

"Pada prinsipnya mereka sudah jelas tadi (saat rapat)," ujar Ida. (*)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: aladhi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help