PosBelitung/
Home »

Lokal

Breaking News

Masih Cukup Banyak Angka Pengangguran

Agus membeberkan pada 2013, 10 persen lulusan pertama SMK Pariwisata Mitra Nusa Bakti melanjutkan ke pendidikan tinggi, 40 persen

Masih Cukup Banyak Angka Pengangguran
Pos Belitung/Dedi Qurniawan
Caption: Pencari kerja sedang melihat-lihat lowongan yang tersedia di Mini Job Fair yang diselenggarakan di SMK Pariwisata Mitra Nusa Bakti, Kecamatan Manggar, Beltim, Senin (20/3/2017) 

Laporan Wartawan Pos Belitung Dedy Qurniawan

POSBELITUNG.COM, BELITUNG TIMUR - Kepala SMK Pariwisata Mitra Nusa Bakti Agus membeberkan data soal serapan tenaga kerja dari sekolahnya selama setidaknya tiga tahun terakhir atau pasca mereka memiliki BKK (Bursa Kerja Khusus) yakni sejak 2013.

Agus membeberkan pada 2013, 10 persen lulusan pertama SMK Pariwisata Mitra Nusa Bakti melanjutkan ke pendidikan tinggi, 40 persen terserap di lapangan kerja sesuai jurusan, 30 persen tidak sesuai jurusan, dan 20 persen belum terserap di lapangan kerja.

Sementara pada 2014, 15 persen lulusan melanjutkan ke pendidikan tinggi, 45 persen terserap lapangan kerja sesuai jurusan, 30 persen tidak sesuai jurusan, dan 10 persen tidak terserap di lapangan kerja.

Baca: Dicari 156 Pekerja, Buruan Daftar ke Sini!

Lalu pada 2015, 15 persen lulusan SMK Pariwisata Mitra Nusa Bakti melanjutkan ke pendidikan tinggi, 30 persen terserap ke lapangan kerja sesuai jurusan, 25 persen tidak sesuai jurusan, dan 30 persen belum terserap ke lapangan kerja.

"Dari data alumni, masih cukup banyak angka pengangguran. Ini masalah kita bersama, baik pemerintah maupun swasta," kata Agus.

Agus menyampaikan terima kasihnya Mini Job Fair di SMK Mitra Nusa Bakti Manggar.

Sekolah yang ia pimpin menjadi tuan rumah kegiaan yang dilaksanakan Kementerian Tenaga Kerja RI bekerja sama dengan Disnaker KUKM Beltim dan BKK SMK Pariwisata Mitra Nusa Bakti.

Sebanyak 10 perusahaan di Pulau Belitung menyediakan 156 lowongan dan 40 posisi pada Mini Job Fair ini.

Acara akan digelar selama dua hari hingga Selasa (21/3/2017) besok.

"Acara ini merupakan kontribusi yang baik bagi mayarakat Beltim. Tujuannya mengurangi tingkat pengangguran," kata Agus.

Pada acara tersebut, SMK Pairiwisata Mitra Nusa Bakti juga menandatagani MoU kerjasama ketenagakerjaan dengan sejumlah hotel di Pulau Belitung.(*)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: edy yusmanto
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help