MotoGP

Marc Marquez : Itu Adalah Kesalahan Saya

Setelah hanya finis di urutan keempat pada seri pertama di Qatar dan tidak ada poin dari GP Argentina, Marquez kini tertahan di peringkat

Marc Marquez : Itu Adalah Kesalahan Saya
MOTOGP.COM
Pembalap Repsol Honda Team asal Spanyol, Marc Marquez, bersiap di grid sebelum balapan GP Argentina di Autodromo Termas de Rio Hondo, Minggu (9/4/2017).(MOTOGP.COM) 

POSBELITUNG.COM, TERMAS DE RIO HONDO - Pembalap Repsol HondaTeam, Marc Marquez, untuk kali kedua gagal finis saat menjalani balapan GP Argentina di Autodromo Termas de Rio Hondo.

Pada balapan 25 putaran, Minggu (9/4/2017), pembalap Spanyol tersebut jatuh di tikungan 2 pada lap keempat. Insiden tersebut terjadi ketika Marquez tengah memimpin balapan.

"Saya di posisi mengerem saat melewati tikungan 2, tetapi ban depan saya terkunci dan saya jatuh. Tidak penting di mana, kapan, atau bagaimana, intinya adalah saya tidak mendapat poin," kata Marquez.

"Itu sepenuhnya kesalahan saya dan saya meminta maaf kepada tim dan juga Honda," ujar pebalap 24 tahun tersebut.

Setelah hanya finis di urutan keempat pada seri pertama di Qatar dan tidak ada poin dari GP Argentina, Marquez kini tertahan di peringkat ke-8 klasemen sementara dengan koleksi 13 angka.

"Itu adalah kesalahan saya. Tentu saja saya sangat kecewa pada diri sendiri. Seperti saya katakan di Qatar, dan akan saya katakan lagi, kesalahan-kesalahan pada awal musim akan sangat merugikanmu," ujar dia.

Seperti pebalap lain yang memakai motor Honda, Marquez memakai ban depan berkompon hard. Sementara itu, dua pembalap Movistar Yamaha MotoGP, Maverick Vinales dan Valentino Rossi, memakai ban medium.

Vinales akhirya keluar sebagai pemenang balapan. Rossi finis di urutan kedua, disusul pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow.

"Kami selalu harus memakai ban depan hard supaya bisa mengerem dengan bagus, supaya stabil, tetapi itu bisa merugikanmu saat balapan karena kamu jadi punya risiko lebih besar," ujar Marquez.

"Namun, semua pebalap Honda akhirnya memilih ban hard, saya, Cruthclow, dan Dani (Pedrosa). Saya dan Dani mengalami kecelakaan, Crutchlow bertahan dan akhirnya naik podium," kata dia menambahkan.

Pedrosa mengalami kecelakaan di tikungan yang sama dengan Maquez ketika balapan berjalan 13 putaran.

Kecelakaan juga membuat Marquez untuk kali pertama gagal memenangi salah satu dari dua balapan perdana musim sejak naik ke MotoGP pada 2013. Lebih jauh, kini dia tertinggal 37 poin dari Vinales yang memimpin klasemen.

Autodromo Termas de Rio Hondo menjadi tuan rumah MotoGP sejak 2014. Marquez dua kali memenangi balapan pada 2014 dan 2016. Dia gagal finis pada 2015 karena kecelakaan.

Editor: edy yusmanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help