PosBelitung/

Ada Bendera Indonesia di Mobil Pebalap Australia, Ini Alasannya

Selain Presley Martono, ada pebalap berdarah Indonesia lain yang turun pada Euro Cup Formula Renault 2.0 (FR 2.0) 2017 yaitu Luis Leeds

Ada Bendera Indonesia di Mobil Pebalap Australia, Ini Alasannya
Istimewa
Mobil pebalap Josef Kaufmann Racing asal Australia berdarah Indonesia, Luis Leeds, yang akan dipakai pada persaingan Eurocup Formula Renault 2.0 2017. 

POSBELITUNG.COM - Selain Presley Martono, ada pebalap berdarah Indonesia lain yang turun pada Euro Cup Formula Renault 2.0 (FR 2.0) 2017 yaitu Luis Leeds.

Luis merupakan pebalap kelahiran Melbourne, 6 Maret 2000. Ayahnya, Dean Leeds, adalah orang Australia, sementara sang ibu, Maria, merupakan perempuan Indonesia.

Saat menjalani tiga tes pramusim di Sirkuit Magny-Cours (Perancis), Sirkuit Paul Ricard (Perancis), dan Nurburgring ( Jerman), Maret lalu, ada bendera Indonesia yang menempel di mobil Luis.

"Karena saya merasa salah kalau hanya memakai bendera Australia. Ibu saya orang Indonesia. Saya punya latar belakang Indonesia. Rasanya salah kalau saya hanya memasang bendera Australia," kata Luis saat dihubungi Kompas.com melalui telepon.

Lahir dan besar di Melbourne, bukan berarti Luis tidak mengenal budaya Indonesia. Dia bahkan mengaku fasih berbahasa Indonesia ketika masih kecil.

"Dulu waktu kecil saya lancar berbahasa Indonesia dan saya juga belajar di sekolah Indonesia yang ada di Melbourne," kata Luis yang kini memperkuat tim Josef Kaufmann Racing.

"Entah bagaimana, setelah besar saya lupa bahasa Indonesia. Mungkin karena tidak dipakai lagi dalam komunikasi sehari-hari," ujar dia menambahkan.

Pebalap yang kini berusia 17 tahun tersebut juga beberapa kali berkunjung ke Indonesia, tetapi itu sudah lama sekali dilakukan.

"Lama sekali, mungkin 10 tahun yang lalu. Saya pasti akan ke Indonesia lagi, dan itu pasti sangat menyenangkan," ujar sulung tiga bersaudara ini.

FR 2.0

Halaman
12
Editor: rusmiadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help