PosBelitung/

KPU Beltim Siap Tampung Usulan Pemekaran Dapil

Dia mengatakan, jika usulan tersebut memang berasal dari partai politik dan masyarakat menghendaki pemekaran dapil, maka hal itu harus dilakukan...

KPU Beltim Siap Tampung Usulan Pemekaran Dapil
POS BELITUNG/DEDY QURNIAWAN
Ketua KPU Beltim Pirmawan 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Dedy Qurniawan

POSBELITUNG.COM, BELITUNG TIMUR - Ketua KPU Belitung Timur Pirmawan mengatakan, pihaknya siap menampung usul pemekaran daerah pemilihan (Dapil) di Kabupaten Belitung Timur.

Dia mengatakan, jika usulan tersebut memang berasal dari partai politik dan masyarakat menghendaki pemekaran dapil, maka hal itu harus dilakukan sesuai dengan undang-undang.

Lazimnya, berdasarkan UU Pemilu yang lama, pemekaran dapil untuk tingkat kabupaten dan provinsi itu akan diatur lebih teknis dalam PKPU--yang dibuat oleh KPU RI.

Persoalannya saat ini adalah UU Pemilu yang lama sedang direvisi oleh Komisi II DPR RI dan Pemerintah.

"Mungkin nanti kami akan berkoordinasi dengan KPU Pusat terkait ini. Pada prinsipnya ini masih menunggu regulasi Pemilu terbaru. Di dalam RUU Pemilu (yang sedang dibahas) itu, kalau tidak salah, masih tetap minimal 3 dapil, maksimal 12 dapil," kata Pirmawan.

Dia mengatakan, KPU di daerah memang diundang oleh DPR RI untuk pembahasan RUU Pemilu ini.

"Memang kami ada undangan dari DPR, ya mungkin ini berkaitan dengan penentuan Dapil. Tapi intinya kami menampung usul masyarakat," ujar Pirmawan.

Pirmawan menjelaskan, jika mengacu pada UU Pemilu yang ada saat ini, penentuan dapil di tingkat kabupaten dan provinsi diatur berdasarkan PKPU.

Kata dia, ada sejumlah prinsip yang harus diperhatikan terkait ini.

"(Jika berdasarkan UU yang lama) nantinya akan ada uji publik untuk penetapan atau pemekaran dapil. Untuk pemekaran dapil berdasarkan PKPU memang ada prinsip-prinsip yang harus diperhatikan. Di situ bisa berkaitan dengan jumlah suara, integarlitas wilayah, dan ada prinsip-prinsip penentuan dapil lainnya." kata dia. (*)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: aladhi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help