PosBelitung/

Catat Tanggalnya! Desa Limbongan Gelar Maras Taun, Banyak Hal-hal Menariknya Rugi Dilewatkan

Pelaksana Maras Taun Desa Limbongan Erlansyah mengatakan, kegiatan tahunan tersebut akan menampilkan sejumlah atraksi budaya Belitong yang menarik...

Catat Tanggalnya! Desa Limbongan Gelar Maras Taun, Banyak Hal-hal Menariknya Rugi Dilewatkan
istimewa
Ilustrasi - Kik Fadlin memanjatkan doa di depan kesalan dan ketupat pada prosesi adat Maras Taun di Pantai Lalang, Kecamatan Simpang Pesak, Rabu (3/5). 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Dedy Qurniawan

POSBELITUNG.COM, BELITUNG TIMUR - Desa Limbongan, Kecamatan Gantung, akan melaksanakan gelaran ritual budaya adat istiadat Belitong, Maras Taun, Minggu (7/5/2017) mendatang.

Acara akan berpusat di kediaman pemuka adat Desa Limbongan.

Pelaksana Maras Taun Desa Limbongan Erlansyah mengatakan, kegiatan tahunan tersebut akan menampilkan sejumlah atraksi budaya Belitong yang menarik seperti Gambangan, Lesong Ketintong, dan teater Tuk Selanduk.

Lelaki yang akrab disapa Erlan itu juga mengatakan, pada acara tersebut, Desa Limbungan juga menyajikan Lepat Gede berukuran panjang 3,5 meter dan lebar setengah meter.

"Cerita Tuk Selanduk adalah cerita kebanggaan warga Limbongan yang menceritakan cikal bakal Kampong Limbongan," ujar Erlan kepada Pos Belitung, Kamis (4/5/2017).

Dia berharap Maras Taun Desa Limbongan tidak semata-mata sebagai ritual adat istiadat.

Dia berharap agenda ini mampu mengggerakkan perekonomian masyarakat setempat karena disinergiskan sebagai bagian dari pariwisata budaya Belitung Timur yang atraktif guna menarik wisatawan.

"Kami berharap Maras Taun dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dengan adanya kunjungan wisatawan dari luar desa. Kami sedang berusaha menyajikan ini secara menarik," ujar Erlan. (*)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: aladhi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help