PosBelitung/
Home »

Lokal

Tak Ada Pungutan Liar di Pulau Lengkuas

Binari mengatakan, pada umum mercusuar di Indonesia merupakan heritage (bangunan bersejarah. Fungsi utamanya untuk keselamatan pelayaran

Tak Ada Pungutan Liar di Pulau Lengkuas
Pos Belitung/Dede Suhendar
Suasana rapat pengelolaan mercusuar Pulau Lengkuas di Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Belitung. (Pos Belitung/Dede Suhendar) 

Laporan Wartawan Pos Belitung Dede Suhendar

POSBELITUNG.COM, BELITUNG - Kepala Tata Usaha, Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok, Binari menegaskan, bahwa tidak pernah terjadi pungutan liar (pungli) di Mercusuar Pulau Lengkuas.

Pernyataan tersebut berdasarkan konfirmasi rapat pengelolaan menara suar Lengkuas di ruang rapat Dinas Perhubungan Kabupaten Belitung dan dihadiri oleh perwakilan Desa Tanjung Binga, Kecamatan Sijuk, Polsek Sijuk, BIN.

"Jadi bukan kami yang menyatakan itu tapi para peserta rapat. Kami sudah mengkonfirmasi itu," katanya saat ditemui posbelitung.com usai rapat.

Kemudian, di sisi lain Pemda Belitung dan Kementerian Perhubungan akan mencari solusi berdasarkan SOP (Standar Operasional Prosedur) mercusuar sama halnya dengan mercusuar lainnya.

Baca: Mercusuar Pulau Lengkuas Belitung Tak Boleh Dinaiki Lagi, Ini Alasannya

Binari mengatakan, pada umum mercusuar di Indonesia merupakan heritage (bangunan bersejarah. Fungsi utamanya untuk keselamatan pelayaran.

Namun seiring waktu justru berkembang menjadi lokasi pariwisata, seperti Pulau Lengkuas dan Cekoneng. Sehingga pada akhirnya terjadi kontradiksi antara pelayaran dan pariwisata.

"Solusinya apa, kami harus membuka diri. Nanti saya akan berusaha mencarikan SOP, tapi pemda juga harus meminta itu," katanya.

Dalam rapat yangt dihadiri oleh Dinas Pariwisata, Dinas Perikanan, BPPRD dan Bapppeda itu menghasilkan 16 catatan dan tujuh kesimpulan. Poin tersebut nantinya akan dijadikan dasar pertimbangan bagi Kementerian untuk kembali membuka akses tersebut.

Penulis: Dede Suhendar
Editor: edy yusmanto
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help