PosBelitung/
Home »

Lokal

Ramadan 2017

Besaran Zakat Fitrah di Belitung Segini

Penetapannya tertuang dalam surat edaran nomor 451.12/335/VI/2017 yang ditandatangani Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem).

Besaran Zakat Fitrah di Belitung Segini
albashiroh.com
zAKAT

Laporan Wartawan Pos Belitung Disa Aryandi

POSBELITUNG.COM, BELITUNG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung telah menetapkan besaran zakat fitrah 1438 Hijriah.

Besarannya untuk beras 2,5 kilogram (kg) per jiwa atau uang tunai sebesar Rp 30.000 per jiwa.

Besaran tersebut disepakati berdasarkan hasil keputusan rapat bersama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI), ormas Islam, dan dinas/instansi/lembaga terkait.

Penetapannya tertuang dalam surat edaran nomor 451.12/335/VI/2017 yang ditandatangani Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem).

Surat ini sudah disebarkan ke seluruh masjid, kelurahan, kecamatan di Kabupaten Belitung.

"Itu tidak ada perbedaan besarannya dari tahun 2016 kemarin. Kami melihat dari harga beras yang banyak dikonsumsi masyarakat Belitung," kata Kasubbag Agama, Pendidikan dan Kebudayaan (Agpendikbud) Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat (Kestra) Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Belitung, Dedi Farzah kepada Posbelitung.com, Rabu (7/6/2017).

Kata Dedi, perhitungan nilai uang didasari harga beras berkualitas medium atau sedang. Beras itu, terbilang mayoritas atau banyak dikonsumsi masyarakat, seharga Rp 12.000 per kilogram.

"Jadi itu dasar uang dari tiga puluh ribu itu. Kami juga sudah melakukan pengecekan harga melalui disperindagkop," ucapnya. (*)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: edy yusmanto
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help