Ramadan 2017

UPZ Dipercaya Urusi Masalah Penyaluran Zakat

Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang ada di setiap masjid/surau/mushola desa/kelurahan di Kabupaten Belitung dipercaya pemerintah daerah

UPZ Dipercaya Urusi Masalah Penyaluran Zakat
albashiroh.com
zAKAT

Laporan Wartawan Pos Belitung Disa Aryandi

POSBELITUNG.COM, BELITUNG - Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang ada di setiap masjid/surau/mushola desa/kelurahan di Kabupaten Belitung dipercaya pemerintah daerah untuk mengurusi masalah zakat fitrah.

Kasubbag Agama Pendidikan dan Kebudayaan (Agpendikbud) Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat (Kestra) Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Belitung, Dedi Farzah mengingatkan kepada UPZ agar tidak mengubah besaran nilai atau besaran zakat yang sudah ditetapkan.

Namun jika pengurus masjid/surau/mushola belum memiliki UPZ, diminta agar segera membentuk.

"Ini harus segera dibentuk, agar penyaluran zakat kita tertib. Namun terpenting, penyaluran zakat bisa dipertanggungjawabkan serta membagi zakat fitrah yang sudah terkumpul kepada para mustahiq," katanya kepada posbelitung.com Rabu (7/6/2017).

Dedi menyarankan, agar masyarakat menyerahkan kepada UPZ secara langsung. Sehingga UPZ bisa membagikan zakat fitrah tersebut kepada masyarakat setempat. Terakhir pembagian zakat fitrah tersebut harus dilakukan oleh UPZ, sebelum pelaksanaan salat I'D.

"Berapa banyak masyarakat miskin di tempat UPZ itu, itu yang harus diutamakan. Pembagian harus disitu juga, setelah itu baru boleh keluar ke masyarakat miskin diluar area UPZ tersebut," pungkasnya. (*)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: edy yusmanto
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved