PosBelitung/
Home »

Lokal

Desa Buding Bersiap ke Lomba Desa 2017 Regional 1 Sumatera

Mereka mengadakan pembinaan terhadap Desa Buding sebagai perisapan menuju Lomba Desa Regional 1 Sumatera.

Desa Buding Bersiap ke Lomba Desa 2017 Regional 1 Sumatera
IST
caption: Pembinaan ibu PKK Desa Buding oleh tim penilai Lomba Desa 2017 Provinsi Babel, Jumat (16/6/2017). 

Laporan Wartawan Pos Belitung Dedy Qurniawan

POSBELITUNG.COM, BELITUNG TIMUR- Desa Buding, Kabupaten Belitung Timur, tengah bersiap menuju Lomba Desa Regional 1 Sumatera 2017.

Jumat (16/6/2017), desa di Kecamatan Kelapa Kampit itu kedatangan tim penilai dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Bangka Belitung sebagai.

Mereka mengadakan pembinaan terhadap Desa Buding sebagai perisapan menuju Lomba Desa Regional 1 Sumatera.

Kepala DPMD Babel Sunardi mengatakan, di tingkat Babel, Desa Buding merupakan satu dari tiga desa unggulan dan tiga kelurahan di Babel.

Lalu, dari hasil pleno tim penilai, diputuskan bahwa Desa Buding mendapatkan peringkat pertama dari tiga desa unggulan yang ada di Babel.

Mereka, kata Sunardi akan mewakili Babel ke Lomba Desa Regional 1 Sumatera.

"Dari hasil pleno tim penilai, Desa Buding, 99 persen tinggal menunggu keputusan Gubernur menjadi peringkat pertama untuk desa unggulan di tingkat Provinsi Babel 2017," ujar Sunardi kepada Pos Belitung.

Dia menjelaskan, berdasarkan Permendagri Nomor 81 tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa, desa unggulan tingkat provinsi yang telah ditetapkan melalui Keputusan Gubernur Babel nantinya akan diusulkan untuk mengikuti lomba desa regional 1 tingkat Sumatera.

Akan ada desa-desa dari sembilan provinsi lain di regional 1 Sumatera yang akan mengikuti lomba serupa bersama Desa Buding.

"Hari ini, kami lakukan pembinaan terpadu melibatkan berbagai sektor di provinsi, kabupaten, dan kecamatan. Kami keroyok bersama sebagai persiapan saat nanti akan diklarifkasi secara regional pada Minggu kedua bulan Juli 2017," beber Sunardi.

Pembinaan yang diberikan berupa menyiapkan bahan-bahan yang nanti akan dikirimkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Aspek lainnya adalah pembenahan seumlah kekurangan pada paparan terkait bidang pemerintahan, kemasyarakatan, dan bidang-bidang lainnya.

"Desa Buding menjadi peringkat pertama kategori desa unggulan di Babel setelah dinilai oleh tim penilai yang terdiri dari berbagai sektor seperti pendidikan, kesehatan, pemerintahan, polisi pamong praja, biro ekonomi hingga akademisi. Mereka yang memutuskkan untuk ditetapkan dalam Keputusan Gubernur,"tutur dia. (*)

Selengkapnya di versi cetak Pos Belitung, Sabtu (17/6/2017)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: edy yusmanto
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help