PosBelitung/
Home »

Lokal

Gapabel Harap Pemkab Belitung Tinjau Ulang Izin Tambang Gunung Luday

Sampai kapan kita hanya mampu untuk merusak bukan menjaga yang sudah ada, jangan korbankan kepentingan orang ramai

Gapabel Harap Pemkab Belitung Tinjau Ulang Izin Tambang Gunung Luday
Pos Belitung/dok
ILustrasi penambangan (foto ini tak ada hubungannya dengan berita di atas) 

Laporan Wartawan Pos Belitung Dede Suhedar

POSBELITUNG.COM, BELITUNG - Komunitas Gabungan Pecinta Alam Belitung (Gapabel) berharap Pemkab Belitung meninjau kembali perizinan tambang batu granit di Gunung Luday Desa Mentigi Kecamatan Membalong.

Hal ini dikarenakan, lokasi tersebut merupakan kawasan cagar budaya yang seharusnya dijaga bersama kelestariannya.

"Pertahankan Gunung Luday sesuai peruntukannnya. Siapa lagi yang akan menghargai budaya kita kalau bukan kita sendiri apalagi masyarakat Melayu jelas sangat menghormati sejarah budaya yang ada," ujar Ketua Gapabel Pivin Heryanto, Sabtu (17/6/2017) lalu.

Sampai kapan kita hanya mampu untuk merusak bukan menjaga yang sudah ada, jangan korbankan kepentingan orang ramai hanya untuk kepentingan sekelompok orang saja.

Ia menambahkan, Gapabel juga menginginkan agar Pemkab Belitung konsiten dengan Perda yang telah dibuat untuk dipatuhi. Sebab, kata dia, perda tersebut seharusnya menjadi acuan untuk memberikan rekomendasi atas usaha jenis apapun.

Berdasarkan Perda Kabupaten Belitung Nomor 3 Tahun 2014 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Belitung Tahun 2014 – 2034 dan dalam salah satu pasalnya menyebutkan bahwa situs Bukit Luday sebagai Cagar Budaya.

"Aparat terkait harus berani bertindak untuk mengamankan Perda yang sudah dibuat, bila perlu ambil tindakan tegas," katanya.

Ia menilai, amdal yang dikantongi oleh oknum yang melakukan kegiatan di Gunung Luday juga patut dipertanyakan. Karena, amdal tersebut tidak sinkron antara perizinan dengan aktifitas di lapangan.

Seharusnya, kata dia, pihak terkait lebih jeli untuk mengeluarkan amdal, jangan sampai terkesan asal-asalan.

Halaman
123
Penulis: Dede Suhendar
Editor: edy yusmanto
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help