PosBelitung/
Home »

Lokal

Pekerja Tambang Timah Tewas Tertimpa Tanah

Sekitar setengah jam kemudian kakak korban, Uni datang mengantarkan makan siang, namun Iman tak ada di lokasi.

Pekerja Tambang Timah Tewas Tertimpa Tanah - tambang-timah_20170619_095040.jpg
ist
Caption: Lokasi tambang tempat Iman terkena musibah tertimpa tanah di kawasan Aik Nunuk, Kecamatan Damar, Belitung Timur, Sabtu (17/6/2017) lalu.
Pekerja Tambang Timah Tewas Tertimpa Tanah - tambang-timah_20170619_095242.jpg
IST
Caption: Lokasi tambang tempat Iman terkena musibah tertimpa tanah di kawasan Aik Nunuk, Kecamatan Damar, Belitung Timur, Sabtu (17/6/2017) lalu.

Laporan Wartawan Pos Belitung Dedy Qurniawan 

POSBELITUNG.COM, BELITUNG TIMUR - Iman (36), pekerja tambang inkonvensional (TI), warga Dusun Mempayak II, Desa Mempayak, Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur tewas tertimpa longsoran tanah saat menambang di sekitar kawasan Aik Nunuk, Dusun Payak, Sabtu (16/6/2017) siang lalu.

Informasi yang dihimpun Pos Belitung, saat itu Iman sedang mencari bijih timah menggunakan mesin merek Robin skala kecil miliknya sekitar pukul 11.00 WIB. Lokasi tambangnya memiliki kedalaman sekitar tiga meter dengan luas 3x3 meter pula.

Sekitar setengah jam kemudian kakak korban, Uni datang mengantarkan makan siang, namun Iman tak ada di lokasi.

Uni melihat adiknya tertimbun tanah.

Setelah berhasil ditemukan, tubuh Iman langsung dibawa ke kediamannya untuk kemudian dimakamkan pada sore harinya sekitar pukul 16.30 WIB.

Informasi yang dihimpun Pos Belitung berdasarkan hasil visum, kondisiangan terlipat di dada dengan kondisi kaku. Pun demikian dengan kaki korban yang juga telah kaku. Kasat Reskrim Polres Beltim AKP Ferey Hidayat membenarkan kejadian ini. "Ya benar. Yang menangani polsek,,"ujar Ferey, Sabtu (17/6/2017) lalu.

Wasprod PT Timah wilasi Gantung Rudy Nursalam, mengaku bahwa lokasi tertimbunnya Iman di tambang Aik Nunuk Kecamatan Damar tidak masuk dalam kawasan IUP PT Timah. Klaim itu berdasarkan informasi yang ia peroleh dari rekan kerjanya di lapangan. "Informasi dari rekan-rekan kami di lapangan, itu di luar IUP PT Timah,"kata dia.

Catatan Pos Belitung, kematian Iman adalah kematian keempat yang tercatat menimpa para pencari timah. Ironisnya semuanya tambang ilegal. Jika kasus Iman berada di luar IUP, tiga korban lainnya adalah kecelakaan yang merenggut tiga dari lima penambang yang terjebak di tambang dalam kawasan Stoven, Gunong Kik Karak, Kecamatan Kelapa Kampit pada Maret 2017 lalu. Meski masuk dalam kawasan IUP PT MCM, namun praktik tersebut dinyatakan ilegal karena dinilai telah ada peringatan pelarangan penambangan sebelumnya di lokasi tersebut.

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: edy yusmanto
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help