PosBelitung/
Home »

Lokal

Banjir Belitung

Banjir Lenyapkan Modal Usaha Warga Beltim Ini

Banjir setinggi dada orang dewasa merendam seisi rumah penjual kue di Gang Semutok, ini Desa Mekar Jaya, Kecamatan Manggar.

Banjir Lenyapkan Modal Usaha Warga Beltim Ini
IST
Pengungsi banjir Belitung Timur tidur di posko pengungsian di kantor Camat Gantung, Senin (18/7/2017) malam. 

Laporan Wartawan Pos Belitung Dedy Qurniawan

POSBELITUNG.COM, BELITUNG TIMUR - Eviyanti (47) tersandar di aula Kantor Camat Manggar yang dijadikan tempat penampungan pengungsi di Posko Bencana Banjir Beltim, Senin (17/7) kemarin sore.

Banjir setinggi dada orang dewasa merendam seisi rumah penjual kue di Gang Semutok, ini Desa Mekar Jaya, Kecamatan Manggar.

Sebagian barang hanyut ke pepohonan Nipah, termasuk bahan baku dan uang modal sebesar Rp 1,6 juta rupiah yang dsimpan di dalam laci lemari.

Hingga sore kemarin, ketinggian banjir di rumahnya telah menyusut sebatas ketinggian betis orang dewasa. Evi memutuskan masih menginap di lokasi pengungsian karena belum bisa berbuat banyak dan berbenah. "Habis, hanyut. Beras, gandum, kompor, minyak tanah hanyut,"ujar Evi pasrah.

Baca: Anak Parjo Lahir Tapi Telat Nangis, Kisah Memilukan Relawan Banjir di Beltim

Evi dan keluarganya sedang pulas tertidur ketika air mulai masuk dan menggenangi rumahnya. Ketika terjaga, ketinggian air sudah setinggi dada orang dewasa.

Dia pun panik dan memutuskan meninggalkan rumah tanpa sempat menyelamatkan barang, termasuk peralatan sekolah anaknya yang kelas 3 SMP.

"Pas bangun tidur air itu lah setengah. Langsung dibangunin keluarga lain. Kami itu ada tiga keluarga.
Langsung paniklah, ada cucu dua bulan. Sambil teriak. Uang modal kue saya pas meninggalkan rumah baru ingat ada uang di laci," ujarnya.

Evi mengatakan, banjir juga merendam empat rumah tetangga yang masih keluarganya dan puluhan rumah lainnya di Gang Semutok. Dia mengharapkan mendapatkan bantuan permodalan untuk melanjutkan usaha membuat kuenya.
Kerugiannya ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

Halaman
12
Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: edy yusmanto
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help