PosBelitung/

Penelitian IPB : Kacang-kacangan Bisa Mencegah Diabetes

Penyakit diabetes itu sendiri terjadi karena pola makan yang salah seperti mengonsumsi makan industri yang mengandung pengawet

Penelitian IPB : Kacang-kacangan Bisa Mencegah Diabetes
Pixabay
Ilustrasi kacang-kacangan 

POSBELITUNG.COM - Peneliti dari Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Dr Fransiska Rungkat Zakariamenemukan inovasi cara terbaik untuk mencegah penyakit diabetes.

Ia menjelaskan bahwa untuk mencegah penyakit diabetes dapat dilakukan dengan mengkonsumsi hasil pertanian utuh seperti kacang-kacangan.

Penyakit diabetes itu sendiri terjadi karena pola makan yang salah seperti mengonsumsi makan industri yang mengandung pengawet dan juga perisai makanan.

"Indonesia sedang menghadapi ancaman kesehatan yang berat yaitu kekurangan gizi dan kelebihan gizi. Terlihat dari tingginya angka kematian dan beban kesehatan penyakit tidak menular (PTM) yang telah melebihi 60% dari beban negara. PTM disebabkan oleh perubahan gaya hidup manusia modern seperti perubahan pola makan," ujar Prof Fransiska.

Ia juga menjelaskan bahwa kebanyakan makanan industri itu menggunakan bahan baku yang telah dimurnikan, seperti beras putih, terigu, gula pasir, margarin, garam dan minyak goreng.

Artinya apa? bahan baku tersebut membawa kalori yang sangat tinggi tetapi miskin akan protein, lemak baik, vitamin, mineral, serat dan komponen bioaktif.

"Akibatnya, angka kegemukan, diabetes, penyakit jantung, kanker, Alzheimer dan PTM lainnya semakin meningkat di Indonesia dan di belahan bumi lainnya," katanya.

Dia mengatakan, Kementerian Kesehatan pada tahun 2013 telah mengeluarkan Peraturan Gula, Garam, Lemak (GGL) yang mewajibkan pelabelan pangan untuk mencantumkan kandungan GGL pada produk pangan beserta peringatan akan risiko konsumsi GGL dalam jumlah yang berlebihan.

Permenkes 2013 tentang regulasi GGL harusnya diterapkan di industri pada tahun 2016.

Sayangnya penerapan ini tidak terlaksana karena adanya hambatan dari industri pangan dan perekonomian.

Halaman
12
Editor: edy yusmanto
Sumber: Tribun Bogor
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help