PosBelitung/

Opsi Sharing Dana Untuk Menutupi Biaya Penerbangan Internasional Belitung-Singapura

Alternatif yang dipilih adalah sharing anggaran baik dari Kemenpar, Pemprov Babel dan Pemkab Belitung untuk menutupi biaya

Opsi Sharing Dana Untuk Menutupi Biaya Penerbangan Internasional Belitung-Singapura
Istimewa
Rakor penerbangan perdana Singapura-Tanjungpandan yang dipimpin oleh Menpar Arief Yahya di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata RI, Senin (7/8). 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Dede Suhendar

POSBELITUNG.COM, BELITUNG - Biaya yang timbul dari realisasi penerbangan internasional Tanjungpandan (Belitung) -Singapura, tidak sepenuh menjadi tanggung jawab pihak maskapai penerbangan.

Namun kemungkinan adanya subsidi dari pemerintah, yakni Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bangka Belitung (Babel) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung.

Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) menuturkan, dalam rakor penerbangan Singapura-Tanjungpandan Senin (7/8/2016) lalu di Jakarta, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya sudah merincikan seluruh biaya yang timbul dalam penerbangan internasional tersebut.

Sehingga muncul dua pilihan, yaitu sistem carter dan subsidi.

Baca: Pengalihan Status Bandara Internasional Dari Belitung Cuma Isu, Malah Menhub Jadi Kaget

Ia menjelaskan, jika berdasarkan perhitungan operator travel, budget Rp 2,5 juta perorang sudah include biaya tiket pesawat dan menginap di hotel selama tiga hari.

Namun, yang dipertimbangkan upaya menjaga maskapai tersebut bisa bertahan selama penerbangan stabil.

Oleh sebab itu, kata Sanem alternatif yang dipilih adalah sharing anggaran baik dari Kemenpar, Pemprov Babel dan Pemkab Belitung untuk menutupi biaya tersebut selama tiga bulan.

"Jadi misalnya dalam satu kali penerbangan terdapat 120 sheet. Jika jumlah penumpang hanya terisi 70 persen, maka sisa 30 persen menjadi tanggungan renteng," jelasnya.(*)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: rusmiadi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help