PosBelitung/
Home »

Lokal

447 Regu Ikut Gerak Jalan HUT RI ke-72 di Beltim, Ini Rutenya

Tahun ini jumlah seluruh peserta mencapai 444 regu, naik 67 persen dibanding tahun 2016 lalu yang hanya mencapai 297.

447 Regu Ikut Gerak Jalan HUT RI ke-72 di Beltim, Ini Rutenya
IST
Tahun ini jumlah seluruh peserta mencapai 444 regu, naik 67 persen dibanding tahun 2016 lalu yang hanya mencapai 297.

Laporan Wartawan Pos Belitung Dedy Qurniawan

POSBELITUNG.COM, BELITUNG TIMUR - Jumlah peserta lomba gerak jalan peringatan HUT RI ke-72 di Kabupaten Belitung Timur (Beltim) Tahun 2017 meningkat drastis.

Tahun ini jumlah seluruh peserta mencapai 444 regu, naik 67 persen dibanding tahun 2016 lalu yang hanya mencapai 297.

Ketua Panitia Lomba Gerak Jalan HUT Kemerdekaan RI, Rosly mengungkapkan peningkatan peserta paling banyak dialami oleh peserta SMP dan SMA. Bahkan ada salah satu sekolah di Kecamatan Manggar yang mengirimkan 17 regu.

“Alhamdulillah antusias masyarakat dan pihak sekolah sangat signifikan tahun ini. Ini artinya masyarakat sangat bersemangat untuk ikut memeriahkan HUT RI,” kata Rosly seusai Technical Meeting dan Pencabutan Nomor Lomba Gerak Jalan di Kantor Dinas Kepemudaan dan Olah Raga (Diskepora) Beltim, Komplek Stadion Utama Beltim Kecamatan Damar, Jum’at (11/8/2017).

Ditambahkannya tahun ini panitia memang sengaja tidak membatasi jumlah peserta. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat dan pihak sekolah dapat mengirimkan wakil sebanyak-banyaknya.

“Makanya kita tetap menggunakan gerak jalan tepat waktu, satu regu 11 orang biar ramai yang ikut. Kalau Lomba Gerak Jalan Indah, minimal 17 orang biasanya banyak yang tidak bisa ikut khususnya dari SD karena kekurangan orang,” jelas Rosly.

Namun Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga dan Pengembangan Infrastruktur Diskepora itu menyatakan, tidak menutup kemungkinan tahun 2018 mendatang panitia akan mengadakan Lomba Gerak Indah. Mengingat minat peserta yang sangat tinggi.

“Bisa saja tahun depan kita adakan lagi. Soalnya banyak yang minta diadakan lomba gerak jalan indah. Kita selama ini terus evalusi kekurangan dari tahun ke tahun,” ujar Rosly.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, tahun ini untuk pertama kalinya panitia lomba menggelar technical meeting. Technical meeting ini untuk memberikan penjelasan kepada peserta tentang bagaimana proses penilaian lomba.

“Tujuan kita agar peserta memahami dan tidak ada asumsi yang salah terhadap panitia. Soalnya banyak peserta yang kurang paham esensi penilaian dari Lomba Gerak Jalan adalah ketertiban, kerapian, kekompakan, dan peraturan dalam baris-berbaris,” terang Rosly.

Lomba Gerak Jalan Tepat Waktu akan dilaksanakan, Sabtu (12/8) ini. Pelaksanaan akan dimulai dari pukul 07.30 untuk peserta SD dan pukul 13.00 untuk regu pelajar SMP, SMA dan Umum. Untuk rute lomba masih menggunakan rute lama, yakni start dari Lapangan Sepak Bola Taruna Desa Lalang, ke arah Taman Kota terus ke Tugu Kopi Manggar, dan kembali finis di Lapangan Sepak Bola Yagor Desa Kurnia Jaya. (*/deq)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: edy yusmanto
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help