PosBelitung/

TIPS Membuat Kamar Mandi Minimalis

Langkah selanjutnya yakni penempatan kabinet. Tampilan wastafel akan tampak kurang menarik jika peralatan mandi dan berserakan di atasnya

TIPS Membuat Kamar Mandi Minimalis
net
Ilustrasi kamar mandi minimalis

POSBELITUNG.COM - Kamar mandi termasuk ruangan penting dalam sebuah rumah. Dengan desain minimalis, maka kamar mandi akan tampak lebih bersih dan tenang.

Lalu, bagaimana cara membuat kamar mandi dengan desain minimalis?

Menurut Business Manager Dekoruma, Rafi Sarumaha, ada tiga komponen utama yang bisa difokuskan untuk mewujudkan hal tersebut.

Tiga komponen itu yakni bathtub, kloset, dan wastafel. 

"Untuk bathtub, pilih yang ukurannya tidak terlalu besar jika memang luas ruangan kamar mandi terbatas. Bisa memilih bathtub yang tak perlu ditanam, agar bisa lebih menghemat tempat. Yang kedua adalah kloset duduk. Sebaiknya pilih bentuk dan model kloset duduk yang tidak menyulitkan saat dibersihkan, begitu juga dengan wastafel," kata Rafi, Jumat (8/9/2017).

Langkah selanjutnya yakni penempatan kabinet. Tampilan wastafel akan tampak kurang menarik jika peralatan mandi dan berserakan di atasnya.

Sebaiknya, ujar Rafi, disiapkan kabinet untuk menyimpan seluruh peralatan khas kamar mandi seperti sabun, sikat plus pasta gigi, sampo, dan sebagainya. Saat disimpan di dalam kabinet, ruangan akan terasa lebih rapi dan bersih. 

"Tak perlu memasang kabinet besar yang malah akan membuat kamar mandi terasa penuh. Pilih saja kabinet kecil yang bisa digantung di sebelah cermin, atau yang berdiri di dekat wastafel. Lokasi penempatan kabinet juga penting agar mudah saat ingin menggunakannya. Solusi lainnya, belilah wastafel yang disertai tempat meletakkan sabun agar lebih praktis," jelasnya.

Hal selanjutnya yang diperhatikan yakni warna kamar mandi. Rafi menyarankan warna kamar mandi sebaiknya putih karena akan membuat kamar mandi tampak lebih luas dan bersih.

Jika ingin menambahkan warna lain, pastikan warnanya tidak lebih dominan dan masih senada dengan warna putih.

Misalnya, warna abu-abu muda untuk memberikan aksen lain yang tetap cantik dan bersih. Bila kamar mandi sudah terlihat cantik, jangan lupa agar rutin membersihkannya.

"Segera bersihkan jika ada noda di kamar mandi. Menunda membersihkan kamar mandi saat terlihat ada noda di permukaan lantai atau di mana pun adalah hal yang sangat tidak dianjurkan. Noda yang dibiarkan terlalu lama akan menumpuk dan sulit untuk dibersihkan. Oleh karena itu, membersihkan kamar mandi secara teratur sangat penting agar tidak kelabakan," ucapnya.

Adapun hal yang juga harus dipertimbangkan agar kamar mandi terlihat rapi seperti jangan menumpuk persediaan peralatan mandi di kamar mandi.

"Cukup menyimpan satu set persediaan dan tidak lebih. Untuk menghindari penyimpanan persediaan yang berlebih, bisa memilih kabinet yang kecil," tuturnya.
 

Editor: edy yusmanto
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help