PosBelitung/

Ini Jumlah Minimal Dukungan Bagi yang Mau Nyalon Bupati Belitung Jalur Independen

Dalam ketetapan tersebut, sudah diputuskan jumlah minimum adalah 11.880 dukungan pemilih yang diperoleh dari DPT 118.797 dikalikan 10 persen.

Ini Jumlah Minimal Dukungan Bagi yang Mau Nyalon Bupati Belitung Jalur Independen
int
Ilustrasi foto pilbup 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Dede Suhendar

POSBELITUNG.COM, BELITUNG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung telah resmi menerbitkan Keputusan Nomor 14/HK.03.1-Kpt/1902/KPU-Kab/IX/2017 Tentang Ketetapan rekapitulasi daftar pemilih tetap (DPT) sebagai dasar perhitungan jumlah minimum dukungan persyaratan paslon perseorangan.

Dalam ketetapan tersebut, sudah diputuskan jumlah minimum adalah 11.880 dukungan pemilih yang diperoleh dari DPT 118.797 dikalikan 10 persen.

Kemudian, dukungan itu harus tersebar lebih dari 50 persen jumlah kecamatan di Kabupaten Belitung atau minimal tersebar di tiga kecamatan.

"Sebelum menerbitkan ketetapan itu, kami sudah melaksanakan rapat bersama Panwaslu Kabupaten Belitung, malam minggu lalu. Jadi kami sudah sepakat untuk jumlah minimal dukungan ini," ujar Ketua KPU Kabupaten Belitung Soni Kurniawan melalui Divisi Teknis Agus Sumardi, Selasa (12/9/2017).

Agus mengatakan, penerbitan ketetapan tersebut berdasarkan Keputusan KPU Kabupaten Belitung Nomor 1 Tentang pedoman teknis tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belitung tahun 2018.

Ia menjelaskan, dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 Tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Penetapan Peratutan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur , Bupati dan Walikota Menjadi Undang-Undang sudah mengatur terkait teknis pencalonan pilkada.

Pada pasal 40 ayat 1 menyebutkan, parpol atau gabungan parpol dapat mendaftarkan paslon jika telah memenuhi persyaratan perolehan paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPRD atau 25 persen dari akumulasi perolehan suara sah dalam Pemilu DPRD di daerah bersangkutan.

"Intinya kami tetap membuka ruang bagi calon perseorangan. Jadi ada atau tidak kami tetap harus menetapkan syarat dukungan minimal ini," katanya.

Kemudian, dalam Undang-Undang tersebut juga telah mengatur tata cara calon independen. Mulai dari mengumpulkan syarat dukungan minimal 10 persen dari jumlah penduduk yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) KPU Kabupaten Belitung.

Selain itu, dukungan tersebut harus tersebar minimal 50 persen atau tiga wilayah kecamatan dari DPT Kabupaten Belitung.

"Jadi kalau DPT kita 118.797, berarti 10 persennya 11.879. Dibuktikan dengan fotokopi KTP Elektronik diserahkan kepada KPU berupa hardcopy dan softcopy," jelasnya.

Kemudian, setelah calon indenpenden menyerahkan bukti dukungan, KPU akan melakukan verifikasi. PPK dan PPS akan melakukan kroscek langsung ke lapangan sesuai data yang diberikan terkait kebenaran bukti-bukti tersebut.

"Memang agak berat syaratnya, tapi kami tetap memberikan kesempatan kepada calon independen dan kami tetap memberikan ruang kepada tim mereka," katanya.

Penulis: Dede Suhendar
Editor: aladhi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help