PosBelitung/
Home »

Techno

» News

Inilah Cara Percepat atau Perlambat Nonton Video YouTube di Ponsel

Kemudian, tekan tombol menu yang ditandai dengan tiga titil vertikal di pojok kanan atas jendela video, lalu memilih opsi "Playback Speed".

Inilah Cara Percepat atau Perlambat Nonton Video YouTube di Ponsel
FORTUNE
YouTube kini menghadirkan fitur preview yang mampu memperlihatkan secara acak isi video, dan membantu pengguna melihat apa kira-kira isi video yang akan ditonton sebelum mengeklik. 

POSBELITUNG.COM - Sejak beberapa tahun lalu, para pemirsa YouTube di web desktop bisa memilih kecepatan pemutaran video yang ditonton, entah ingin dipercepat atau diperlambat.

Fitur serupa belakangan mulai tersedia di aplikasi mobile YouTube melalui sebuah update.

Untuk mengakses opsi kecepatan pemutaran, pengguna aplikasi YouTube di Android dan iOS harus memperbarui ke versi terbaru.

Kemudian, tekan tombol menu yang ditandai dengan tiga titil vertikal di pojok kanan atas jendela video, lalu memilih opsi "Playback Speed".

Ada beberapa piihan kecepatan yang disediakan. "Normal" mengacu pada speed dafault sebesar 1x. Sementara, "0.25" berarti video akan diputar dengan kecepatan seperempat kali speed aslinya.

Sebaliknya "2x" berarti video diputar dua kali lebih cepat.

Sebagaimana dirangkum dari Engadget, Senin (11/9/2017), opsi kecepatan pemutaran video ini bisa berguna apabila pengguna ingin memperlambat tayangan untuk lebih memperhatikan sesuatu dengan lebih seksama.

Misalnya saat menyaksikan sebuah tutorial. Kecepatan lebih tinggi bisa membantu saat ingin mempersingkat waktu menonton.

"Untuk mempercepat atau memperlambat audio sambil tetap bisa dimengerti, tantangan utamanya adalah mengubah durasi sinyal audio secara efisien tanpa memengaruhi pitch atau distorsi. Proses ini disebut time stretching," ujar Software Engineer YouTube, Pallavi Powale dalam sebuah posting blog. 

Tanpa time stretching, lanjut Powale, audio yang dipercepat bakal terdengar bernada lebih tinggi, sementara yang diperlambat menjadi terdengar bernada lebih rendah sehingga ucapan orang jadi sulit didengar, apalagi dimengerti.

Di mobile, tim pengembang YouTube terbentur masalah limitasi hardware dan network sehingga kualitas video mesti disesuaikan menjadi "hanya setinggi yang bisa diunduh secara konsisten", apabila pengguna mengaktifkan opsi playback speed.

Editor: edy yusmanto
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help