PosBelitung/
Home »

Lokal

Seluruh Fraksi Tolak Raperda Perubahan tentang BUMD Beltim

Alih-alih setuju, seluruh fraksi malah menyoroti banyak hal tentang BUMD PT PBT sejak dibentuk pada 2015 hingga saat ini.

Seluruh Fraksi Tolak Raperda Perubahan tentang BUMD Beltim
Pos Belitung/Dedy Qurniawan
Suasana Sidang Paripurna di DPRD Belitung Timur 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Dedy Qurniawan

POSBELITUNG.COM, BELITUNG TIMUR - Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang perubahan atas Peraturan Daerah (Perda) nomor 7 tahun 2013 tentang Pembentukan BUMD PT Pembangunan Belitung Timur (PBT) ditolak.

Seluruh fraksi dari enam fraksi di DPRD Beltim "kompak" menolak menyetujui raperda tersebut pada paripurna dengan agenda pandangan akhir fraksi, Selasa (12/9/2017).

Untuk diketahui, satu di antara alasan pemerintah mengajukan raperda perubahan diketahui adalah meminta agar kerja BUMD tak perlu lagi meminta persetujuan DPRD Beltim sebagaimana diatur perda terdahulu.

Alih-alih setuju, seluruh fraksi malah menyoroti banyak hal tentang BUMD PT PBT sejak dibentuk pada 2015 hingga saat ini.

Beberapa di antara sorotan yang disampaikan adalah adanya rencana Peraturan Pemerintah (PP) terbaru tentang BUMD yang sedang dibahas oleh pemerintah pusat sehingga raperda tersebut tidak efektif jika disahkan.

Fraksi lainnya berpendapat BUMD PT PBT tak pernah meminta persetujuan DPRD Beltim saat melakukan kerja sama dalam menjalankan usahanya selama ini.

Kemudian disinggung pula adanya piutang terhadap sebuah koperasi yang menanamkan modal di BUMD, persoalan kinerja yang belum menguntungkan bagi daerah, hingga penilaian tidak adanya transparansi pada BUMD PBT.

Adapula fraksi yang meminta Pemkab Beltim mengevaluasi kinerja BUMD dan dibawa dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

"Kami meminta pemerintah daerah melalui OPD terkait dan pengawas BUMD untuk menyelesaiakan permasalahan yang krusial dan mendasar... BPD PT PBT belum mampu menunjukkan kinerja yang sesuai dengan visi dan misi pembentukan perusahaan sehingga perlu dievaluasi melalui RUPS," ujar satu di antara juru bicara fraksi, Marwan dari Fraksi PKS. (*)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: aladhi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help