PosBelitung/
Home »

Lokal

Paparan Dalam Seminar Mineral Level ASEAN, Bupati Sebut Kolong Biru Hingga Pulau Kolong

Namun sayangnya acara tersebut hanya dihadiri oleh dua negara yaitu Thailand dan Kamboja serta para pakar dari sektor pertambangan,...

Paparan Dalam Seminar Mineral Level ASEAN, Bupati Sebut Kolong Biru Hingga Pulau Kolong
Pos Belitung/Dede Suhendar
Bupati Belitung Sahani Saleh mengalungkan syal khas belitung kepada perwakilan negara Thailand dan Kamboja dalam seminar tentang mineral level ASEAN, Selasa (10/10/2017). Pos Belitung/Dede Suhendar 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Dede Suhendar

POSBELITUNG.COM, BELITUNG - Bupati Belitung Sahani Saleh memaparkan upaya pemanfaatan potensi lahan eks tambang menjadi destinasi wisata dalam seminar ASEAN Mineral Cooperation Action Plan (AMCAP) III 2016-2025 Fase Pertama (2016-2020) di balroom Hotel BW Suite, Selasa (10/10/2017).

Namun sayangnya acara tersebut hanya dihadiri oleh dua negara yaitu Thailand dan Kamboja serta para pakar dari sektor pertambangan, lingkungan dan kehutanan.

Padahal dari rencana awal, 10 negara ASOMM dan ASOMM plus akan hadir dalam acara yang diselenggarakan oleh Ditjen Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM itu.

"Kami menyambut baik acara ini, mengigat daerah kami sebagai daerah tambang. Keanekaragaman di Belitung ini memang komplit, yang belum ditemukan hanya batu bara, kalau yang lain seperti timah dengan 12 mineral ikutan lainnya ada," ujar Sanem dalam sambutannya sekaligus membuka acara seminar.

Meskipun kaya akan kandungan mineral, namun dirinya menyayangkan selama ini potensi itu ditambang secara sporadis.

Bahkan tanpa memberikan jaminan hidup terhadap masyarakat.

Dirinya tak memungkiri di Belitung memang masih terdapat potensi ilegal mining.

Oleh sebab itu, pemda akan terus berupaya menertibkan kegiatan negatif itu dan memanfaatkan sisa dari kegiatan tersebut.

"Terlebih Belitung dinyatakan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Indonesia oleh sebab itu butuh upaya mengembangkan pariwisata," katanya.

Halaman
12
Penulis: Dede Suhendar
Editor: aladhi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help