Besok KPU Kabupaten Belitung Buka Pendaftaran PPK dan PPS, Berminat?

Proses penyerahan berkas dapat langsung diantarkan ke kantor KPU di Jalan Anwar atau dititipkan di kantor Camat setempat bagi wilayah kepulauan.

Besok KPU Kabupaten Belitung Buka Pendaftaran PPK dan PPS, Berminat?
Pos Belitung/Dede Suhendar
Spanduk rekrutmen badan adhock PPK dan PPS serta tahapan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati 2018 terpasang di halaman Kantor KPU Kabupaten Belitung, Rabu (11/10/2017). Pos Belitung/Dede Suhendar 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Dede Suhendar

POSBELITUNG.COM, BELITUNG - KPU Kabupaten Belitung mulai membuka penyerahan berkas rekrutmen badan adhock Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Petugas Pemungutan Suara (PPS) dalam rangka persiapan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati 2018 mendatang, Kamis (12/10).

Proses penyerahan berkas dapat langsung diantarkan ke kantor KPU di Jalan Anwar atau dititipkan di kantor Camat setempat bagi wilayah kepulauan.

"Besok mulai penyerahan berkasnya sesuai tahapan dan jadwal, pembentukan PPK dan PPS itu mulai 12 Oktober sampai 11 November nanti," ujar Ketua KPU Kabupaten Belitung Soni Kurniawan melalui Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Yudi Ariyanto, Rabu (11/10/2017).

Yudi menjelaskan, berdasarkan Peraturan KPU Nomor 12 Tahun 2017 Tentang Perubahan Atas PKPU Nomor 3 Tahun 2015 Tentang Tata Kerja KPU, KPU Provinsi/Komisi Independen Pemilihan Aceh dan KPU/Komisi Independen Kabupaten/Kota, Pembentukan dan Tata Kerja PPK, PPS dan KPPS dalam Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur Wakil Gubernur, Bupati Wakil Bupati dan Walikota dan Wakil Walikota, terdapat perubahan pada persyaratan pendaftar PPK dan PPS.

Dalam PKPU tersebut, tepatnya Pasal 18 ayat 1 poin b, calon pendaftar berusia minimal 17 tahun.

Sebelumnya pada PKPU Nomor 3 Tahun 2015, syarat minimal 25 tahun.

Kemudian, berkaitan dengan fasilitasi tes kesehatan diurus masing-masing pendaftar, yang sebelumnya difasilitasi oleh KPU.

Sedangkan persyaratan lainnya, masih sama dengan tahun sebelumnya yang tertera dalam PKPU lama.

"Jadi PKPU baru ini terbit konsendran dari Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu. Makanya ada beberapa perubahan, tapi tidak terlalu signifikan," katanya.

Ia menambahkan, untuk PPK dibutuhkan lima orang yang akan bertugas di lima kecamatan di Kabupaten Belitung.

Artinya KPU akan menyeleksi 25 orang PPK untuk membantu proses Pilkada 2018 mendatang.

Sedangkan untuk PPS hanya tiga perdesa atau kelurahan. Jika diakumulasikan, dibutuhkan 147 orang yang akan bertugas di 49 desa kelurahan di Kabupaten Belitung.

Penulis: Dede Suhendar
Editor: aladhi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help