PosBelitung/

Pesawat Delay, Ini 6 Kategori Kompensasi yang Seharusnya Diterima Calon Penumpang

Berbagai faktor menjadi penyebab terjadinya delay. Satu di antaranya pada jam padat penerbangan seperti saat musim mudik.

Pesawat Delay, Ini 6 Kategori Kompensasi yang Seharusnya Diterima Calon Penumpang
net
Ilustrasi 

POSBELITUNG.COM - Delay alias penundaan keberangkatan pesawat seringkali membuat penumpang kesal.

Berbagai faktor menjadi penyebab terjadinya delay. Satu di antaranya pada jam padat penerbangan seperti saat musim mudik. 

Berdasarkan data dari Posko Angkutan Lebaran 2017 lalu di Bandara Soekarno-Hatta, tercatat ada ratusan delay atau keterlambatan pada jadwal keberangkatan pesawat sejumlah maskapai penerbangan domestik.

Data ratusan delay itu dihimpun mulai dari 18-21 Juni 2017. Jumlah delay  pada 10 maskapai penerbangan domestik pada kurun waktu tersebut mencapai 381 penerbangan.

Adapun delay terbanyak terjadi untuk keterlambatan 30-60 menit sebanyak 239 jadwal penerbangan. Disusul dengan 113 penerbangan yang mengalami delay 61-120 menit atau dua jam.

Ada juga sejumlah penerbangan dengan waktu delay lebih lama lagi, yakni 23 jadwal penerbangan untuk delay 121-180 menit, dan masing-masing tiga jadwal penerbangan yang mengalami delay 181-240 menit dan di atas 240 menit.

Baca: Miris! Alasan Cek Keperawanan, Bapak Setubuhi Anak Kandung yang Masih Sering Ngompol

Sebagai penumpang punya hak untuk mendapatkan kompensasi saat penerbangan mengalami delay.

Hal itu tertulis dalam Peraturan Menteri (PM) Perhubungan Republik Indonesia Nomor 89 Tahun 2015.

Dalam PM 89 Tahun 2015 menjelaskan tentang Penanganan Keterlambatan Penerbangan (Delay Management) Pada Badan Usaha Angkutan Udara Niaga Berjadwal d Indonesia. Pada Bab II, dijelaskan tentang Ruang Lingkup Keterlambatan Penerbangan.

Halaman
12
Editor: Jariyanto
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help