PosBelitung/

Kunyit Bisa Obati Penyakit Ini Jadi Tak Perlu ke Dokter

Kurkuminoid memiliki kemampuan antioksidan sehingga mampu melindungi kerusakan sel-sel karena serangan radikal bebas.

Kunyit Bisa Obati Penyakit Ini Jadi Tak Perlu ke Dokter
Intisarionline
Kunyit 

POSBELITUNG.COM - Pencernaan kita bermasalah? Tak perlu buru-buru mengunjungi dokter. Kita bisa mengobati dan merawatnya dengan cara alami. Bahannya pun tak jauh-jauh, ada di dapur kita: kunyit.

Biasanya gangguan pencernaan muncul karena iritasi (rangsangan) selaput lendir pada dinding lambung akibat makan tidak teratur atau makan terlalu cepat.

Bisa juga makan terlalu banyak atau terlalu sedikit, mengonsumsi makanan kurang matang atau berminyak, keracunan makanan, alergi makanan, minuman bersoda, merokok, ataupun stres.

Peradangan tersebut selanjutnya menyebabkan rasa nyeri di perut, hilangnya nafsu makan, mual, muntah, dan nyeri kepala. Jika berlangsung lama, bobot badan akan turun, dan jika terlalu banyak asam lambung akan mudah terjadi tukak lambung (ulcus pepticum) akibat terjadinya erosi selaput lendir lambung.

Gangguan pencernaan seperti ini tentu bisa diatasi dengan mengunjungi dokter. Namun, dengan berbagai pertimbangan banyak di antara kita lebih memilih pengobatan alami dengan mengonsumsi ramuan tanaman obat.

Kunyit (Curcuma longer L.) merupakan tanaman obat yang paling efektif dalam menangani gangguan pencernaan. Kalau tanaman obat lain menstimulasi sekresi getah lambung, kunyit justru menahan sekresi getah lambung.

Oleh karena itulah kunyit dapat mengatasi gangguan pencernaan akibat kelebihan getah lambung atau tukak lambung.

Bukan itu saja. Mengacu pada penelitian University of Maryland Medical Center (UMMC), kunyit dapat merangsang keluarnya lendir dalam lambung sehingga melapisi permukaan dalam dinding lambung.

Belum lagi kemampuannya meningkatkan sekresi dan masuknya getah empedu ke dalam saluran pencernaan, yang juga memperbaiki proses pencernaan.
Untuk menjadikannya sebagai obat, rimpang kunyit dirajang melintang setebal 2 mm dan dikeringkan di bawah sinar matahari.

Rimpang ini mengandung minyak atsiri berwarna kuning hingga jingga. Terdiri atas banyak senyawayang masuk dalam golongan senyawa kurkuminoid.

Kurkuminoid memiliki kemampuan antioksidan sehingga mampu melindungi kerusakan sel-sel karena serangan radikal bebas.

Senyawa tersebut juga memiliki kemampuan antiperadangan sehingga mengurangi rasa nyeri perut pada gangguan pencernaan.

la dapat pula berfungsi sebagai antibakteri sehingga mampu menangkal infeksi usus oleh sscherichia coli maupun pseudomonas aeruginosa. Khasiat kunyit belum berhenti sampai di situ. la ternyata dapat mengurangi gas dalam lambung, dengan demikian dapat mengobati perut kembung.

Keluar dari wilayah lambung, kurkuminoid ternyata juga dapat melindungi sel-sel hati dari pengaruh zat-zat toksik sehingga merupakan hepatoprotektor yang baik. (Intisarionline)
 

Editor: edy yusmanto
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help