PosBelitung/
Home »

Lokal

Advetorial

Dinkes Bateng Gelar Gebyar Germas HKN Ke-53, Langkah Kongkret Promosi Kesehatan

DINAS Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah (Dinkes Bateng) menggelar Gebyar Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Minggu (12/11).

Dinkes Bateng Gelar Gebyar Germas HKN Ke-53, Langkah Kongkret Promosi Kesehatan
IST

DINAS Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah (Dinkes Bateng) menggelar Gebyar Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Minggu (12/11).

Acara yang berlangsung di Tugu Ikan Koba tersebut dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke- 53.

Itu merupakan kegiatan puncak dari sejumlah rangkaian yang sudah dimulai sejak September lalu.

Acara yang berlangsung di lokasi Car Free Day Tugu Ikan Koba sekaligus dalam rangka pemecahan rekor muri senam peregangan dengan peserta terbanyak di 34 provinsi se- Indonesia.

lomba
(IST)

Para peserta terdiri dari Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Bateng, kepala puskesmas beserta staf, Kader Kesehatan wilayah Dinas Kesehatan Bateng, pelajar tingkat SD-SMA wilayah Kecamatan Koba, sponsor, serta masyarakat umum.

Kepala Dinkes Bateng  dr H Bahrun Siregar Sutrisno M Kes dalam laporannya mengemukakan Gebyar Germas merupakan langkah konkret promosi kesehatan dalam pencapaian tujuan pembangunan kesehatan.

Tujuannya antara lain implementasi promosi kesehatan, meningkatkan peran serta masyarakat dalam pemberdayaan masyarakat.

“Selain itu mensosialisasikan Germas kepada masyarakat dan stakeholder lingkup Pemkab Bangka Tengah, juga meningkatkan kemitraan terutama kepada pihak swasta melalui program CSR (corporate social rensponsibility) dan lainnya,” kata Bahrun.

Selanjutnya juga diserahkan hadiah lomba-lomba yaitu lomba kebersihan dan kerapian puskesmas, lomba duta germas, lomba jingle germas, lomba senam cerdik, lomba senam prolanis, lomba stand expo terbaik, lomba foto selfie, achievement award kader kesehatan serta lomba nasi liwet germas.

Dalam kegiatan tersebut yang membuat meriah dengan adanya live perform dari komunitas pendukung program kesehatan " GAWE GILE".

Bupati Bangka Tengah  Ir H Ibnu Saleh MM mengemukakan, Kementerian Kesehatan mendorong terlaksananya Germas.

Melalui itu, mengajak kerja sama lintas sektor dan lintas program dalam mewujudkan masyarakat untuk berprilaku hidup sehat yang pada akhirnya dapat membentuk bangsa Indonesia yang kuat. 

“Dengan mendorong program  Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga dan Germas, kita berupaya membangun kemandirian keluarga dan masyarakat dalam upaya hidup sehat, sebagai upaya promotif dan preventif yang pada akhirnya dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Dengan demikian tercipta masyarakat yang produktif serta dapat berperan aktif dalam pembangunan nasional,” kata bupati membacakan sambutan Menteri Kesehatan RI.  (adv/vid)

Penulis: Novita
Editor: aladhi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help