PosBelitung/
Home »

Lokal

DKP Rencananya Bakal Lakukan Ini Terhadap Bangkai Paus, Masukkan Tulang Belulang ke Museum

Di bagian punggung terdapat banyak luka, dan kondisinya tidak berdaya. Terdampar di atas karang, dan tidak kuat untuk...

DKP Rencananya Bakal Lakukan Ini Terhadap Bangkai Paus, Masukkan Tulang Belulang ke Museum
IST
Puas berukuran 10 ton yang sempat terdampar. 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Disa Aryandi

POSBELITUNG.COM, BELITUNG -- Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Belitung Destika Effenly mengatakan, telah merencanakan untuk mengevakuasi bangkai paus yang terdampar di perairan Pulau Belitung.

Namun evakuasi tersebut bukan ditarik ke pesisir pantai secara utuh.

Paus berbobot 10 ton tersebut terlebih dahulu akan dibungkus menggunakan jaring dan selanjutnya akan ditenggelamkan.

"Karena kalau di evakuasi ke darat dengan kondisi seperti itu, perlu biaya cukup besar dan resiko yang besar," kata Destika kepada posbelitung.com, Senin (4/12/2017).

Kata Destika, setelah ditenggelamkan bangkai paus tersebut akan dibiarkan hingga seluruh bagian tubuh terbawa arus, dan hanya menyisakan tulang belulang.

Kondisi Paus yang pernah terdampar di pesisir perairan Suak Gual, Kecamatan Selat Nasik, Kabupaten Belitung, Senin (4/12) ditemukan dalam kondisi mati.
Kondisi Paus yang pernah terdampar di pesisir perairan Suak Gual, Kecamatan Selat Nasik, Kabupaten Belitung, Senin (4/12) ditemukan dalam kondisi mati. (IST)

"Habis itu tulangnya baru di ambil dan dibawa ke darat, kemudian di rangkai dan dimasukan ke museum," ucapnya.

Sebelum ditenggelamkan, petugas tetap akan memberi tanda atau jangkar agar posisi bungkusan bangkai paus tersebut tidak hanyut.

"Tapi tetap sebelum ditenggelamkan, perut paus itu akan kami bedah dulu dan rencana dalam waktu satu atau dua hari ini kami akan ke lokasi langsung," ujarnya.

Paus yang sempat terdampar di perairan Pulau Mendanau, Desa Suak Gual, Kecamatan Selat Nasik, Kabupaten Belitung tersebut berukuran panjang sekitar 12 meter, tinggi bagian depan mencapai dua meter dan berat diperkirakan 10 ton.

Halaman
12
Penulis: Disa Aryandi
Editor: aladhi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help