PosBelitung/
Home »

Lokal

Tiga Teroris Bom Thamrin Dikirim ke Bangka, Ini Alasan Pemindahan Tahanan

"Selnya juga khusus, sendiri, dan pengawasannya juga khusus. Kita juga punya petugas khusus satu orang yang khusus mengawasi...

Tiga Teroris Bom Thamrin Dikirim ke Bangka, Ini Alasan Pemindahan Tahanan
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi penjara 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Fery Laskari

POSBELITUNG.COM, BANGKA -- Tiga orang teroris Jaringan Bom Thamrin diasingkan ke Pulau Bangka. Para terpidana menjalani sisa hukuman di dua tempat, satu orang di Lapas Bukitsemut Sungailiat dan dua lainnya di Lapas Tuatunu Pangkalpinang.

Kepala Lapas Bukitsemut Sungailiat, Faozul kepada Bangka Pos Group, Selasa (5/12/2017) menyatakan Terpidana Teroris Bom Thamrin, Muhamad Ridho (47), Warga Malang Jatim sudah sejak dua bulan silam berada mendekam di Lapas Bukitsemut Sungailiat.

"Ada satu orang terpidana teroris asal dari Malang yang ditempatkan di Lapas Bukitsemut Sungailiat, namanya Muhamad Ridho, usia sekitar 47 tahun. Terpidana ini terbukti dalam kasus Bom Thamrin (di Jakarta beberapa waktu lalu)," katanya.

Diakui Faozul, sebenarnya ada beberapa pelaku dalam kasus ledakan jaringan teroris yang dimaksud.

"Ada tiga orang, tapi dua diantranya di Lapas Tuatunu Pangkalpinang, dan hanya satu di Lapas Bukitsemut Sungailiat," katanya.

Faozul menyatakan, tiga terpidana teroris yang dimaksud sengaja dialihkan ke luar daerah, agar jauh dari tempat tinggal atau daerah asalnya.

"Alasan ditempatkan disini (Bangka), mungkin strategi dari Jakarta (Pusat), sengaja dipecah-pecah tapi tak dipulangkan ke daerah masing-masing dengan alasan keamanan," katanya.

Karena kata Faozul, jika semua terpidana teroris diasingkan di tempat yang sama dan dekat dengan keluarga atau dekat dengan kampung halaman, dikhawatirkan akan membuka peluang bagi mereka menyusun rencana atau strategi kejahatan baru.

"Kalau dipulangkan ke (Lapas Malang) daerahnya, otomatis jaringan ini lebih dekat dengan keluarganya. Kalau ditempatkan di Bangka kan mereka blank sama sekali, tak ada komunikasi, tak tahu medan," katanya.

Halaman
12
Editor: aladhi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help