PosBelitung/

Advetorial

Batik Khas Belitung Timur

Terdapat beberapa sentra/sanggar yang memproduksi sejumlah motif. Motif ikan tekelesak (arwana), cangkir kopi, keremuntingan,...

Batik Khas Belitung Timur
IST
Foto bersama Kadisbudpar Beltim Helly Tjandra dengan pengunjung. 

KEANEKARAGAMAN tumbuh-tumbuhan dan kebiasaan masyarakat di Kabupaten Belitung Timur (Beltim) menjadi inspirasi bagi tangan-tangan kreatif buat menciptakan motif dan bahan baku pewarna pada batik.

Terdapat beberapa sentra/sanggar yang memproduksi sejumlah motif.

Motif ikan tekelesak (arwana), cangkir kopi, keremuntingan, cempedik, daun katis rambai, ketakong (kantung semar), kembang simpor, tarsius, dan Rumah Adat Belitong diproduksi Sanggar Batik de Simpor & Batik Simpor Desa Lenggang, Kecamatan Gantung.

Sanggar Batik de Simpor
Sanggar Batik de Simpor 

Sanggar Batik Mang­rove/MJ Desa Mekar Jaya, Kecamatan Manggar pun memproduksi motif cangkir kopi dan keremuntingan. Selain itu ada juga motif pohon mangrove, kembang asam, dan hujan.

Sementara Sanggar Batik Rembuding, Desa Buding, Kecamatan Kelapakampit  menghasilkan motif buah rembuding.

Kemajuan sektor pariwisata Pulau Belitung dimanfaatkan buat menjual produk ekonomi kreatif seperti batik Belitung Timur tersebut kepada wisatawan.

Proses pembuatan batik Belitong
Proses pembuatan batik Belitong (IST)

Sebab saat ini kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara meningkat. Mereka mengunjungi berbagai destinasi wisata.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Belitung Timur dalam rangka memajukan pariwisata dan meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat, mempersilakan memasarkan produk ekonomi kreatif mereka.

Caranya bisa menjual langsung kepada wisatawan di Objek Wisata Unik Ngenjungak (OWUN). (risna zuryani_pkldisbudparbeltim)

Batik de Simpor
Batik de Simpor

CP.  Ibu Yosi, 0819 49195153 (Sanggar Batik de Simpor)

Halaman
1234
Editor: aladhi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help