Suplai Listrik ke PLN, PT AANE Jadi Contoh Perusahaan Perkebunan Sawit di Indonesia

Dukungan ESDM secara nasional, menurutnya sudah disampaikan agar perusahaan sawit di Indonesia dapat melakukan...

Suplai Listrik ke PLN, PT AANE Jadi Contoh Perusahaan Perkebunan Sawit di Indonesia
Pos Belitung/Rusmiadi
Wakil Menteri (Wamen) Energi Sumber Daya Mineral (ESDM ) Arcandra Tahar dihadapan tamu undangan, saat kunjungan kerja ke pembangkit listrik biogas PTAustindo Aufwind New Energy (AANE), di perkebunan kelapa sawit PT Sahabat Mewah dan Makmur (SMM), Desa Jangkang, Kecamatan Dendang, Belitung Timur (Beltim), Jumat (15/12/2017) 

BIRO Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerjasama Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana mengatakan PT AANE untuk di Belitung sudah berhasil dan bisa menjadi contoh bagi perusahaan perkebunan sawit lainnya di Indonesia.

"Kalau kerja sama dengan PLN baru satu ini, tapi kalau perusahan sawit yang bangun pembangkit biogas dari limbah sawit sudah banyak tapi untuk dipakai sendiri, kalau ini diproduksi disuplai ke PLN," ujarnya saat menjawab pertanyaan Pos Belitung.

Dukungan ESDM secara nasional, menurutnya sudah disampaikan agar perusahaan sawit di Indonesia dapat melakukan hal serupa.

Karena ini memanfaatkan limbah sawit menjadi biogas untuk listrik.

"Dukungan juga ada persyaratan yang harus dipenuhi oleh perusahaan sawit. Kami juga mendorong untuk pembangunan pembangkit listrik biogas dan regulasi untuk hal ini dari kami, ada juga dari pihak lain," ujarnya.

Sementara itu, Imam Wahyudi dari PT AANE memaparkan proses dari pemanfaatan limbah sawit menjadi biogas yang menjadi bahan bakar untuk pembangkit listrik, yang selanjutnya disuplai ke jaringan PLN.

Tahun 2013, PT AANE menandatangani Perjanjian Jual Beli Listrik (PJBL) dengan PT PLN (Persero) dan menjadi perusahaan pembangkit listrik biogas pertama yang bisa menjual listrik secara komersial.

Kapasitas listriknya pada 2013 masih sebesar 1,2 MW. Tahun 2016 peningkatan kapasitas menjadi 1,8 MW.

Listrik tersebut dapat memenuhi kebutuhan 2.000 rumah tangga dengan daya 900 VA.

(Pos Belitung/bev)

Editor: aladhi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved