Pilbup Belitung 2018

Begini Tanggapan Empat Bakal Calon Bupati Belitung Terkait Sektor Tambang Laut dan Pariwisata

Para calon Bupati Belitung memberikan statement-nya terkait tambang laut dan pariwisata. Tanggapan mereka...

Begini Tanggapan Empat Bakal Calon Bupati Belitung Terkait Sektor Tambang Laut dan Pariwisata
Kolase/Pos Belitung/Berbagai Sumber
Bakal calon Bupati Belitung 

TANJUNGPANDAN, POS BELITUNG - Membangun pariwisata dan menolak keberadaan tambang laut di Belitung seolah menjadi salah satu isu jualan empat bakal pasang calon bupati (cabub) yang maju pada Pilkada Belitung 2018.

Mereka seakan sepakat menolak tambang laut dan berkomitmen membangun dan mengembangkan sektor pariwisata di Kabupaten Belitung.

H Sahani Saleh (Sanem), cabup petahana pada Pilkada Belitung 2018 misalnya, menegaskan bahwa sektor pariwisata merupakan program unggulan selama kepemimpinannya. Sektor ini mulai terasa saat sejumlah grup hotel ternama masuk ke Belitung seperti Santika, Mariot, Swiss Bell, Mercure hingga Grup Serathon.

"Itu tidak gampang untuk memasukan investasi hotel ternama itu. Dan itu menjadi salah satu sumber PAD kita. Ini nanti berhubungan dengan perkembangan UKM kita," kata Sanem kepada Pos Belitung di rumah dinasnya, Selasa (9/1).

Multiplier effect sektor pariwisata bukan hanya persoalan banyaknya penyerapan tenaga kerja, tapi juga berkembangnya usaha lainnya seperti pertanian, perkebunan hingga industri kecil.

Buah-buahan dan sayuran tidak lagi harus didatangkan dari luar Belitung.

"Kita harus membuat terobosan ke depan. Branding pariwisata kita diperkuat dengan adanya kawasan geopark nasional. Tinggal bagaimana kita upayakan pengakuan geopark Belitung secara global dari Unesco," kata cabup yang diusung Partai Gerindra dan Nasdem berpasangan dengan Isyak Meirobie ini.

Sanem seolah menegaskan komitmennya menolak tambang laut. Untuk membendung masuknya tambang laut di Belitung, jelas Sanem, pihaknya telah telah melakukan dengar pendapat dengan kementerian terkait untuk mengembangkan marine agro tourism.

"Kita tidak cukup hanya berteriak untuk menolak tambang laut, tapi harus berbuat. Dengan cara zonasi laut seluruhnya dijadikan kawasan marine agro tourism, tidak mungkin ada tambang laut," kata Sanem.

Tak jauh berbeda dengan bakal cabup Hellyana. Bakal cabub yang diusung Partai Persatuan pembangunan (PPP) dan PDI Perjuangan ini mengatakan tetap mengunggulkan sektor pariwisata Belitung yang bermartabat baik dari segi agama, budaya, berkeadilan dan sejahtera, serta mengembangkan ekonomi kreatif.

Halaman
1234
Editor: aladhi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help