Pilbup Belitung 2018

Ini Penyebab Terhambatnya Proses Pendaftaran Azwardy-Erwandi ke KPU

Padahal, berdasarkan aturan KPU, pendaftaran calon di kabupaten harus ditandatangani oleh ketua dan sekretaris parpol...

Ini Penyebab Terhambatnya Proses Pendaftaran Azwardy-Erwandi ke KPU
Pos Belitung/Dede Suhendar
Bakal pasangan calon (balon) Azwardy Azhar dan Erwandi A Rani untuk Pilkada Belitung 2018 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Dede Suhendar

POSBELITUNG.COM, BELITUNG - Ketua DPW PAN Provinsi Kepulauan Babel Patrianusa memberikan penjelasan terkait hambatan yang sempat terjadi saat bakal paslon Azwardy Azhar-Erwandi A Rani mendaftar di KPU Kabupaten Belitung, Rabu (10/1/2018).

Menurutnya, sekretaris DPD PAN Kabupaten Belitung tidak mau menandatangani berkas pendaftaran bakal paslon.

Padahal, berdasarkan aturan KPU, pendaftaran calon di kabupaten harus ditandatangani oleh ketua dan sekretaris parpol pengusung tingkat kabupaten juga.

"Jujur saja saya sampaikan sekretaris DPD ini tidak mau tandatangan. Jadi setelah kami dapat info itu beberapa waktu lalu, kami langsung lapor ke ketua umum," ujarnya saat ditemui posbelitung.com usai mendaftar di KPU Kabupaten Belitung.

Lalu, kata dia, berdasarkan aturan proses pendaftaran tetap bisa dilakukan dengan membuat mandat dari pada pengurus pusat yang disampaikan kepada pengurus daerah dan kabupaten.

Akan tetapi, setelah pihak kembali konsultasi dengan KPU Kabupaten Belitung, Selasa (9/1/2017) lalu, terbit surat edaran dari KPU RI bahwa surat tersebut harus ditandatangani oleh ketua umum dan sekjen.

"Ini yang terlambat, karena faktor jarak tapi kami terus berkoordinasi dengan ketua umum. Alhamdulillah kami mengapresiasi KPU Kabupaten Belitung yang berkenan memberikan waktu syarat itu terbit," katanya.

Penulis: Dede Suhendar
Editor: aladhi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help