15 Parpol Calon Peserta Pemilu 2019 Memenuhi Syarat

KPU Kabupaten Belitung akhirnya mengumumkan rekapitulasi hasil penelitian administrasi dan verifikasi faktual kepengurusan

Laporan Wartawan Pos Belitung, Dede Suhendar

POSBELITUNG.COM, BELITUNG -- KPU Kabupaten Belitung akhirnya mengumumkan rekapitulasi hasil penelitian administrasi dan verifikasi faktual kepengurusan, keterwakilan perempuan, domilisi kantor dan keanggotaan parpol calon peserta Pemilu 2019 dalam rapat pleno terbuka di Holtel Billiton Tanjungpandan, Kamis (8/2/2018).

Ketua KPU Kabupaten Belitung, Soni Kurniawan mengatakan dari hasil pelaksanaan kegiatan tersebut, 15 parpol dinyatakan memenuhi syarat di tingkat Kabupaten Belitung.

"Jadi proses selama empat ini yang dimulai semenjak 3 Oktober 2017 lalu hingga hari ini sudah selesai dan 15 parpol di wilayah Kabupaten Belitung dinyatakan memenuhi syarat," ujar Soni saat ditemui usai rapat pleno.

Seluruh perwakilan dari 15 parpol turut hadir beserta Panwaslu Kabupaten Belitung serta Kepolisian mendengarkan pembacaan hasil penilitian dan verifikasi faktual.

Soni menambahkan semenjak proses penyerahan berkas 3 Oktober lalu, KPU harus menyesuaikan dengan beberapa kondisi perubahan.

Diantaranya, pasca terbitnya keputusan Bawaslu RI tentang penataan ulang penyerahan dokumen pendaftaran baik tingkat pusat hingga kabupaten.

Kemudian, pihaknya harus menyikapi hasil mediasi Bawaslu RI dengan parpol dan KPU RI yang harus ditindaklanjuti.

Terakhir, KPU harus menindaklanjuti putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 53 Tahun 2018, untuk dilakukan verifikasi faktual terhadap parpol peserta Pemilu Legeslatif 2014 dan parpol baru yang melaksanakan perbaikan.

"Dengan perubahan-perubahan regulasi tersebut, Alhamdulillah pada hari ini kami telah menyampaikan hasil rekapitulasi," katanya. (*)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: ismed
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved