PosBelitung/
Home »

Lokal

1.400 Pekerja di Beltim Tak Terdaftar di BPJS Ketenegakerjaan

Dari jumlah tersebut, hanya 7307 di antaranya yang menjadi peserta layanan BPJS Ketenagakerjaan.

1.400 Pekerja di Beltim Tak Terdaftar di BPJS Ketenegakerjaan
Pos Belitung/Dedi Qurniawan
Kepala Disnaker KUKM Beltim Erna Kunondo (POSBELITUNG/DEDY QURNIAWAN) 

Laporan Wartawan Pos Belitung Dedy Qurniawan

POSBELITUNG.COM, BELITUNG TIMUR - Dinas Ketenagakerjaan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Dinasker KUKM) Beltim mendata, saat ini ada 8711 pekerja di Beltim yang bekerja di berbagai sektor.

Dari jumlah tersebut, hanya 7307 di antaranya yang menjadi peserta layanan BPJS Ketenagakerjaan.

"Berarti ada sekitar 1400 pekerja yang belum terdaftar. Kami dari Pemkab Beltim hanya bisa mengimbau bahwa mereka harus diikutkan," kata Kepala Disnaker KUKM Beltim ‎Erna Kunondo seusai RDP dengan perwakilan perusahan dan DPRD Beltim di Gedung DPRD Beltim, Senin (12/2/2018) siang.

Jika dibandingkan per sektor,‎ Erna mengatakan, pemberi kerja di sektor perkebunan ‎tergolong patuh untuk mengikutsertakan pekerjanya ke BPJS Ketenegakerjaan. Namun tidak di sektor pertambangan dan perhotelan yang dinilai sebagian besar belum patuh.

Baca: 3 Rahasia Istri Jaga Suami Tak Jatuh ke Pelukan Pelakor

"Kalau pertambangan, memang tidak semuanya ikut. Sektor perhotel juga tidak semuanya. Pertambangan agak susah (kepatuhannya), pertambangan memang sebagian besar, sama usaha pariwisata " ucap Erna

Erna mengatakan, pengawas ketenagakerjaan dapat menindak pemberi kerja yang tidak patuh terhadap ketentuan BPJS Ketenegakerjaan ini.

"Kami berupaya untuk turun lapangan, memberikan pembinaan, sekaligus sosialisasi termasuk juga mendorong mereka untuk ikut BPJS Ketenegakerjaan," kata dia. (*)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: edy yusmanto
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help