Ratusan Siswa Ikuti Sosialisasi Empat Pilar‎ di Beltim‎

Sosialisasi ini digelar oleh Anggota DPD RI Hudarni Rani bekerja sama dengan Lembaga Demokarsi dan Politik Lokal

Ratusan Siswa Ikuti Sosialisasi Empat Pilar‎ di Beltim‎
Pos Belitung/Dedi Qurniawan
Ratusan siswa SMA di Beltim mengikuti sosialisasi empat pilar di Beltim, Senin (12/2/2018). Sosialisasi berlangsung di aula Kantor Camat Manggar. (POSBELITUNG/DEDY QURNIAWAN) 

Laporan Wartawan‎ Pos Belitung Dedy Qurniawan

POSBELITUNG.COM, BELITUNG TIMUR - ‎Ratusan siswa SMA dari sejumlah sekolah di Belitung Timur (Beltim) mengikuti sosialisasi empat pilar (Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika) di aula Kantor Camat Manggar, Senin (12/2/2018) pagi.

Sosialisasi ini digelar oleh Anggota DPD RI Hudarni Rani bekerja sama dengan Lembaga Demokarsi dan Politik Lokal (Leksikal) Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Wakil Bupati Belitung Timur Burhanudin (Aan) yang hadir membuka sosialisasi ini, mengatakan, prinsip-prinsip empat pilar sebenarnya sudah tergambarkan melalui slogan dan budaya lokal Babel.

Beberapa di antaranya misalnya adalah Serumpun Sebalai dan Makan Bedulang.

Burhanudin mencontohkan bagaimana semangat tiap sila dalam Pancasila tergambarkan pada Makan Bedulang. Mulai dari doa yang menggambarkan Ketuhanan Yang Maha Esa, keadilan sosial, hingga semangat persatuan dan kesatuan.

"Kalau kita fokus pada akar budaya lokal sebagai orang melayu, maka empat pilar itu sudah melekat pada orang Babel sebagai orang melayu. Makan bedulang itu punya banyak makna‎ pada sosialisasi empat pilar," ujar Aan.

Anggota DPD RI Hudarni Rani berharap apa yang disampaikan dalam sosialisasi ini dapat disampaikan ke ‎para siswa lainnya di sekolah masing-masing.

"Kami harapkan yang datang, siswa siswi ini dapat menularkan ke kawan-kawannya,"‎ ucapnya.

Selain Wabup Beltim, sosialisasi ini dihadiri sejumlah pejabat perwakilan F‎orkopimda Beltim, kepala OPD terkait, Komisioner KPU Beltim, dan tamu undangan lainnya. (*)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: edy yusmanto
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved