PosBelitung/
Home »

Lokal

Kemenag Kabupaten Belitung Gelar Pra Manasik Haji

Selain itu, panitia acara juga mengundang para pelaku biro perjalanan haji dan umroh yang berada di wilayah Kabupaten Belitung, penyuluh agama...

Kemenag Kabupaten Belitung Gelar Pra Manasik Haji
IST
Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Belitung Muhammdiah memberikan materi kepada para calon jamaah dalam acara pra manasik haji di Gedung Wanita, Selasa (13/2/2018). 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Dede Suhendar

POSBELITUNG.COM, BELITUNG - Kemenag Kabupaten Belitung menggelar acara pra manasik haji 2018 di gedung wanita, Selasa (13/2/2018).

Tiga narasumber yaitu Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Belitung, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungpandan memberikan pemahaman kepada 102 calon jamaah haji Kabupaten Belitung.

Selain itu, panitia acara juga mengundang para pelaku biro perjalanan haji dan umroh yang berada di wilayah Kabupaten Belitung, penyuluh agama serta Kepala KUA.

"Acara ini dilaksanakan sebagai persiapan sebelum manasik haji. Jadi tiga nara sumber kami hadirkan untuk memberikan bekal awal kepada calon jamaah terkait persiapan yang harus dilakukan," ujar Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Kabupaten Belitung Ahmad Tibroni.

Ia menjelaskan, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Belitung mengimbau kepada para calon jamaah untuk terus menjaga kesehatan.

Selain itu juga meningkatkan kesabaran dan menjaga amarah jelang menjalani ibadah ke tanah suci.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil menyampaikan pentingnya sinkronisasi data adminduk calon jamaah, seperti akte, KTP dan kartu keluarga.

Hal ini dikarenakan, sebelum kepengurusan paspor di Kantor Imigrasi, data diri tersebut harus sinkron.

"Insyaallah untuk pembuatan paspor calon jamaah rencananya pada akhir Februari ini. Makanya tadi diimbau agar data-data yang diperlukan agar sinkron dulu dan Disdukcapil siap melayani," katanya.

Ahmad mengatakan, untuk jadwal manasik pihaknya masih menunggu instruksi dari pusat.

Dirinya memperkirakan kegiatan manasik jatuh pada April, sedangkan perkiraan keberangkatan pada Juli 2018 mendatang.

"Memang biasanya keberangkatan ini setelah Idul Fitri, makanya perkiraannya pada Juli nanti," katanya.

Penulis: Dede Suhendar
Editor: aladhi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help