Jika Bangunan Anda Punya IMB Maka Dapat Keuntungan Ini

Untuk diketahui, perbup terbaru ini mengatur sejumlah ketentuan perubahan mekanisme pengurusan IMB tersebut

Jika Bangunan Anda Punya IMB Maka Dapat Keuntungan Ini
Pos Belitung/Dedi Qurniawan
Kepala DPMPPTSPP Beltim Syahrial‎ (POSBELITUNG/DEDY QURNIAWAN) 

Laporan Wartawan Pos Belitung Dedy Qurniawan

POSBELITUNG.COM, BELITUNG TIMUR - Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu dan Perdaganagan (DPMPPTSPP) Belitung Timur (Beltim) Syahrial menuturkan, satu di antara keuntungan praktis bangunan yang memiliki Bangunan (IMB)'>Izin Mendirikan Bangunan (IMB), adalah dapat memenuhi persyaratan pinjaman ke bank.

"IMB ini salah satu syarat, bukan hanya sertifikat saja. Benar tidak bangunannya punya IMB. Kalau terjadi apa-apa misalnya, IMB juga jadi pertimbangan klaim," ucap Syahrial, Rabu (14/2/2018) ditemui setelah Sosialisasi Peraturan Bupati Beltim Nomor 47 tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Bangunan Gedung di ruang rapat Satu Hati Bangun Negeri, Kantor Bupati Beltim, Rabu (14/2/2018).

Untuk diketahui, perbup terbaru ini mengatur sejumlah ketentuan perubahan mekanisme pengurusan IMB tersebut. Satu di antaranya tak perlu lagi rekomendasi Desa dan Camat untuk pengajuan awal pengurusan IMB.

"Untuk persyaratan IMB, ada sedikit perubahan dari persyaratan sebelumnya, ada penambahan dan pengurangan syarat. Di mana sebelumnya masih mempersyaratkan Rekomendasi Desa dan Rekomendasi Camat, tetapi sekarang tidak lagi. Tetapi Desa dan Camat ‎langsung diajak saat peninjauan lapangan. Saat itulah saran dan masukan Kades atau camat diberikan" beber Syahrial kepada Pos Belitung, Rabu (14/2/2018).

Meski tak perlu lagi syarat Rekomendasi Desa dan Camat, pengurusan IMB di Beltim saat ini mengalami penambahan syarat, yakni memerlukan Keterangan Rencana Kabupaten. "Bentuk SK IMB juga mengalami perubahan, disesuaikan dengan contoh yang telah diberikan oleh pemerintah pusat," kata dia.

Hal lainnya yang juga perlu diperhatikan menyusul terbitnya Perbup Beltim nomor 47 tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Bangunan Gedung di Beltim adalah perlunya Sertifikat Laik Fungsi yang terkait dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN/ATR) ataupun Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.‎ (*)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: edy yusmanto
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help