Pejabat Negara Hindari Terima Hadiah, Bisa Jadi Gratifikasi

Kedeputian Pencegahan KPK, Andy Purwana mengimbau masyarakat tidak memberikan hadiah kepada penyelenggara negara untuk menghindari gratifikasi.

Pejabat Negara Hindari Terima Hadiah, Bisa Jadi Gratifikasi
Bangka Pos/Krisyanidayati.
Kedeputian Pencegahan KPK, Andy Purwana. 

POSBELITUNG.CO-- Kedeputian Pencegahan KPK, Andy Purwana mengimbau masyarakat tidak memberikan hadiah kepada penyelenggara negara untuk menghindari gratifikasi.

Ia mengatakan gratifikasi lebih spesifik dan tidak kentara dibandingkan suap, namun memiliki efek kedepannya.

"Gratifikasi tidak hanya hal-hal yang besar saja tapi juga hal-hal yang kecil. Ada hadiah yang memang boleh diterima ada juga yang tidak boleh diterima sebagai penyelenggara negara," katanya, Rabu (7/3/2018).

Ia tak memungkiri ada beberapa kebiasaan yang dilakukan masyarakat, sebagai ucapan terima kasih, sehingga memberikan uang meskipun tidak meminta. Namun, hal ini tetap tidak dibenarkan.

"Misalnya gini, pegawai di kecamatan saya kan bikin KTP, nah setelah jadi KTPnya, saya kasih uang ke petugasnya Rp 20 ribu, sebagai ucapan terima kasih. Itu baru saya misalnya, coba kalau ada 20 orang yang bikin KTP dan ngasih Rp 20 ribu 1 hari itu sudah Rp 400 ribu. Bagi yang punya uang tidak masalah, tapi karena sudah terbiasa diberikan seperti itu ketika ada yang tidak punya uang dan tidak memberikan maka akan mendapatkan pelayanan yang berbeda, ini petugasnya jadi maksa atau dipersulit untuk membuat KTP, ini termasuk dalam gratifikasi," jelasnya.

Ia berharap kedepannya, masyarakat memahami gratifikasi bukan hanya sekedar hal yang besar saja.

"Ini satu lagi contoh, misalnya di PU saya dapat proyek, kamu dapat proyek, ketika proyek selesai kamu kasih uang Rp 10 juta ke kepala dinasnya, saya kasih uang Rp 15 juta. Kedepannya, pasti kepala dinasnya lebih milih saya kalau ada proyek," jelasnya.

Penulis: krisyanidayati
Editor: khamelia
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved